Gaziantep, Turki (ANTARA) - Berkelana ke Turki bagian tenggara yang memiliki cuaca lebih hangat, menjadi pengalaman yang begitu baru jika dibandingkan dengan berjalan-jalan di kota-kota besar seperti Istanbul dan Ankara.

Salah satu kota di tenggara Turki yang menarik untuk dieksplorasi adalah Gaziantep, yang terkenal akan peninggalan sejarah dan budaya, kuliner khas, hingga kerajinan lokal nan unik dan ramah di kantong para pelancong.

Secara geografis, kota kuno Gaziantep sendiri terletak di persimpangan Mesopotamia dan Mediterania, di sepanjang Jalur Sutra yang bersejarah. Selama berabad-abad, kota ini telah menjadi tempat lahirnya peradaban, dan telah menganut berbagai budaya dan gaya hidup selama beberapa generasi.

Berikut sejumlah rekomendasi destinasi dan kegiatan yang bisa Anda lakukan di kota yang juga merupakan salah satu kota industri di Turki ini.

Baca juga: Menggali warisan sejarah dan peradaban terpendam di Sanliurfa, Turki

Baca juga: Berkelana di Mardin, kota kuno di tenggara Turki nan eksotis


Kastil dan Museum Gaziantep
 
Eksterior Kastil dan Museum Gaziantep, Turki saat malam hari. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Gaziantep dengan budaya, warisan, dan sejarahnya yang kaya adalah tujuan wisata yang benar-benar menakjubkan. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Kastil dan Museum Gaziantep, yang terletak di atas bukit raksasa yang menghadap ke kota.

Menurut penggalian arkeologi terbaru, kastil tersebut pertama kali dibangun sebagai menara pengawas Romawi dan diperluas dari waktu ke waktu.

Galeri kastil sekarang digunakan sebagai Museum Panorama Pertahanan dan Kepahlawanan Gaziantep, di mana Anda dapat menilik kembali peristiwa Perang Kemerdekaan Turki di Gaziantep.

Museum Mosaik Zeugma
Museum Mosaik Zeugma adalah salah satu museum mosaik terbesar di dunia, dan rumah bagi beberapa koleksi mosaik paling spektakuler yang menggambarkan dewa-dewa mitologis di lantai vila kuno, kolam renang, ruang makan, dan di dinding bangunan-bangunan di masa lalu.

Di sini, Anda bisa mempelajari bagaimana kaitan mosaik dengan banyak aspek kehidupan di zaman lampau, tak terkecuali dari sisi seni, hingga status dan hirearki sosial.
"Gadis Gipsi" yang legendaris, ditemukan di Museum Mosaik Gaziantep, Turki. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Patung perunggu Mars (Ares), dewa perang, adalah salah satu karya paling mencolok yang dipamerkan di Museum Mosaik Zeugma.

Namun, yang paling terkenal adalah mosaik "Gadis Gipsi" yang baru-baru ini dikembalikan ke Turki dari Amerika Serikat.

ANTARA akan mengulas Museum Mosaik Zeugma bersama dengan museum mosaik lainnya di tenggara Turki melalui artikel selanjutnya.

Baca juga: Turki perkenalkan Karahantepe sebagai proyek warisan Neolitikum

Baca juga: Turki perkenalkan Tas Tepeler, buka wawasan tentang peradaban manusia


Halaman selanjutnya: Caravanserai dan Bazar

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021