Bantuan berupa bibit pohon buah bertujuan selain untuk meningkatkan kualitas udara bersih, nantinya pohon buah juga dapat dimanfaatkan untuk ketahanan pangan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Peruri memberikan bantuan 3.100 bibit pohon buah kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dalam rangka meningkatkan kualitas udara bersih di wilayah tersebut.

Bantuan bibit diserahkan secara simbolis oleh Kepala Biro Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Peruri Ratih Sukma Pratiwi kepada Kepala DLHK Kabupaten Karawang Wawan Setiawan di Kantor Desa Karangmulya, Selasa (19/10), dan disaksikan secara langsung Kepala Desa Karangmulya Darman Jamaludin.

"Alhamdulillah hari ini kami bisa memberikan bantuan dalam rangka peduli penghijauan terhadap lingkungan di Kabupaten Karawang," kata Ratih dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Bantuan 3.100 bibit pohon buah yang terdiri dari pohon mangga, jambu, rambutan dan jeruk nantinya akan didistribusikan untuk 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang, di bawah koordinasi DLHK Karawang.

Selain pemberian secara simbolis, juga dilakukan seremoni penanaman tiga bibit pohon jeruk, jambu dan mangga di pekarangan Kantor Desa Karangmulya.

"Bantuan berupa bibit pohon buah bertujuan selain untuk meningkatkan kualitas udara bersih, nantinya pohon buah juga dapat dimanfaatkan untuk ketahanan pangan masyarakat," imbuh Ratih.

Penyerahan bantuan bibit pohon buah merupakan salah satu program TJSL Peruri dalam rangka mendukung program pemerintah yakni Sustainability Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor 15 yaitu Life on Land/Ekosistem Daratan.

Penanaman pohon buah selain dapat memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat, juga dapat menyelamatkan bumi dari bencana serta untuk mengurangi dampak dari adanya pemanasan global.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Peruri karena telah ikut bersama dalam meningkatkan penghijauan di Karawang. Semakin banyak pohon di Karawang, semakin asri lingkungan kita, oksigen juga semakin bersih. Ini akan sangat bermanfaat bagi kita semua dan bagi anak cucu kita di masa mendatang," tutup Wawan Setiawan.

Baca juga: BNI dukung Ditjen Pajak dan Peruri luncurkan e-meterai
Baca juga: Menkeu minta DJP dan Peruri pastikan keamanan data pengguna e-materai
Baca juga: BRI gandeng Peruri Digital Security sinergikan ekosistem digital

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021