Sepak Bola Nasional

Arema FC pertahankan AFC Club Licensing 2021

Arema FC pertahankan AFC Club Licensing 2021

Logo Arema FC. (ANTARA/HO-Arema FC)

Pada 2020 lalu adalah fase tersulit untuk bertahan, kini pada 2021 klub harus berjuang untuk bangkit dan berproses di tengah kompetisi yang masih berada dalam situasi pandemi
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Tim berjuluk Singo Edan, Arema FC, berhasil mempertahankan status sebagai klub profesional versi Asian Football Confederation (AFC), setelah lolos verifikasi AFC Club Licensing 2021.

Manager Club Licensing Arema FC, Sudarmaji di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu mengatakan bahwa, Arema FC lolos verifikasi AFC Club Licensing 2021, dan dinyatakan memenuhi lima aspek yang menjadi indikator sebuah klim profesional.

"Pada 2020 lalu adalah fase tersulit untuk bertahan, kini pada 2021 klub harus berjuang untuk bangkit dan berproses di tengah kompetisi yang masih berada dalam situasi pandemi," kata Sudarmaji.

Baca juga: PSSI: sembilan klub Liga 1 berlisensi Nasional dan AFC 2021

Sudarmaji menjelaskan, keputusan pemberian lisensi tersebut dilakukan oleh Club Licensing Committee (CLC) yang memiliki kewenangan untuk membuat keputusan pemberian lisensi berdasarkan pasal 3 PSSI club licensing regulation.

CLC juga telah melakukan verifikasi faktual terkait lima aspek yang harus dipenuhi klub profesional, yakni meliputi sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal dan aspek finansial.

Berdasarkan surat Keputusan (CLC) bernomor 001/clc-pssi/x/2021 yang diterima oleh manajemen Arema FC, memutuskan bahwa diterimanya permohonan Lisensi Klub Profesional AFC dari klub Arema FC dan memberikan Lisensi Klub Profesional AFC kepada klub Arema FC.

Manajemen Arema FC mengaku sangat bersyukur atas keputusan, dan dinyatakan lolos club licensing. Tahun 2021, adalah tahun kedua di masa pandemi yang harus membuat Singo Edan berjuang lebih keras untuk mendapatkan club licensing.

Baca juga: Persija dapatkan lisensi klub profesional AFC setelah banding diterima

"Semoga dengan lolosnya Arema FC ini, memberikan tambahan pemahaman lebih kepada semua pihak, baik Aremania, partner Arema di pemerintahan, serta mitra kerja, bahwa Arema FC on the track dalam pengelolannya," ujarnya.

Club Licensing tidak didapatkan dengan mudah oleh Arema FC. Pada fase 2021, tim Club Licensing harus bekerja keras dalam kurun waktu lebih dari enam bulan, terhitung sejak Maret 2021 guna mempersiapkan kebutuhan yang menjadi persyaratan wajib.

Ia menambahkan, Arema FC berharap dengan club licensing tersebut tidak hanya berdampak pada klub Singo Edan, akan tetapi juga memberikan dampak positif bagi perkembangan sepak bola profesional di Indonesia.

"Club Licensing menjadi pemacu semangat klub-klub yang ada di Indonesia untuk memenuhi setidaknya lima aspek yang diwajibkan. Ini tentunya akan sangat berdampak pada perkembangan sepak bola Indonesia ke depannya," katanya.

Usai dipastikan kembali lolos AFC Club Licensing pada 2021, maka sejauh ini Arema FC sudah lima kali mencatatkan diri sebagai klub yang memenuhi standar AFC. Tercatat Arema lolos sejak 2017, hingga 2021.

Baca juga: Lolos lisensi AFC 2020 jadi bukti komitmen Arema FC

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Diskominfo Kota Malang dorong E-Sport tingkatkan sektor ekraf

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar