Jayapura (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional (PB Peparnas) XVI menggelar pelatihan pembuatan makanan ringan berbahan dasar sagu bagi mama-mama Papua.

Ketua Bidang Konsumsi PB Peparnas XVI Papua Yulce Wenda Enembe di Jayapura, Rabu, mengatakan tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan UMKM masyarakat pada wilayahnya.

"Kami mengundang para juru masak ternama yaitu Chef Lucky, Chef Mutho dan Chef Heri," katanya.

Menurut Yulce, para juru masak yang berpengalaman ini khusus dihadirkan di Papua untuk berbagi pengalaman dan ilmu dalam mengolah makanan khususnya makanan ringan berbahan dasar sagu.

"Pelatihan ini digelar di Taman Imbi Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan melalui pelatihan ini, pihaknya berupaya mengedukasi masyarakat umum bahwa dengan bahan dasar sagu yang ada di Papua dapat diolah menjadi berbagai macam makanan berkualitas.

"Selain itu juga dapat membuat makanan yang mencitrakan kearifan lokal Papua," katanya lagi.

Senada dengan Yulce Wenda Enembe, Ketua Harian PB Peparnas XVI Papua Doren Wakerkwa mengatakan menjelang pelaksanaan ajang olahraga tersebut pihaknya juga melakukan kegiatan non olahraga yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Papua.

"Suksesnya pelaksanaan Peparnas XVI PAPUA tidak lepas dari dukungan masyarakat Papua, oleh karenanya kami selaku Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional XVI Papua juga akan memberikan sesuatu yang bermanfaat melalui kegiatan semacam ini sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta mengangkat Papua sejajar dengan daerah lain di Indonesia," katanya.

Dia menambahkan pihaknya berharap masyarakat Papua khususnya mama-mama yang sudah ikut serta dalam acara ini dapat mendukung pelaksanaan acara Peparnas XVI pada 2021.

Baca juga: Kerjasama pengelolaan dana komersial Perparnas XVI Papua resmi diteken
Baca juga: Warga Jayapura padati lokasi acara hitung mundur Peparnas XVI Papua
Baca juga: PB Peparnas Papua agendakan pembekalan untuk LO dan sukarelawan
Baca juga: Menpora optimistis Peparnas Papua berlangsung sukses

 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021