Mendagri dampingi Presiden Jokowi membuka Apkasi Expo 2021

Mendagri dampingi Presiden Jokowi membuka Apkasi Expo 2021

Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Expo 2021. ANTARA/HO-Kemendagri

Presiden mengingatkan agar setiap daerah cukup fokus saja pada produk unggulan tertentu.
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Expo 2021.

Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu, mengatakan acara pembukaan Expo Apkasi 2021 itu dilaksanakan secara hibrid.
 
"Dimana pembukaan oleh Presiden didampingi Mendagri Tito Karnavian dan Mensekkab Pramono Anung dihadiri langsung 25 bupati, di Istana Bogor, dan diikuti secara virtual oleh peserta lain di Jakarta Convention Center," kata dia lagi.
 
Expo atau pameran produk unggulan daerah itu diikuti oleh 70 pemerintah kabupaten dan 70 peserta lain dari swasta dan beberapa kementerian/ lembaga. Pameran dan seminar dilaksanakan selama 3 hari mulai Rabu, 20 Oktober sampai dengan Jumat, 22 Oktober 2021 di JCC.
 
Ketua Apkasi Sutan Riska yang juga Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa pameran itu merupakan kontribusi nyata pemerintah kabupaten seluruh Indonesia.
 
Hal tersebut untuk mendukung pemerintah pusat menggairahkan kembali dunia usaha dan ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas upaya Apkasi yang didukung Kemendagri dalam menyelenggarakan pameran tersebut, karena akan bermanfaat untuk percepatan pemulihan ekonomi khususnya di semua daerah setelah mengalami kontraksi akibat pembatasan selama 1,5 tahun akibat COVID-19.

Presiden berpesan agar daerah memperkuat perdagangan antardaerah dan antarpulau serta saling mengisi dan melengkapi produk yang diperlukan antardaerah dan juga pasar global, karena Indonesia di samping produsen aneka produk barang jadi juga merupakan pasar yang amat besar.

Pasar besar Indonesia menurut Presiden Jokowi jangan dikuasai produk asing. Presiden mengingatkan agar setiap daerah cukup fokus saja pada produk unggulan tertentu.

Produk tersebut dipasarkan ke daerah lain, dan membeli produk daerah lain yang tidak diproduksi di daerah sendiri. Selain itu, Presiden juga berpesan agar ekspor produk Indonesia terus ditingkatkan sehingga dapat membanjiri pasar internasional.
 
Pemerintah telah membuat banyak kebijakan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas produk dalam negeri dan meminta semua pemerintah daerah juga membuat kebijakan yang memudahkan produsen dalam negeri untuk meningkatkan produksinya dan menguasai pasar dalam dan luar negeri.

Pameran Apkasi merupakan kegiatan tahunan Apkasi, namun terhambat pelaksanaannya pada 2020 akibat pandemi COVID-19.
Baca juga: Sejahtera dari produk unggulan di era otonomi
Baca juga: Presiden minta Apkasi tunjukkan iklim investasi daerah makin baik

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemendagri: Partisipasi politik masyarakat meningkat saat pandemi 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar