Kemendagri akselerasi penetapan perencanaan produk hukum daerah 2022

Kemendagri akselerasi penetapan perencanaan produk hukum daerah 2022

Dirjen Otda Akmal Malik (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengakselerasi penetapan perencanaan produk hukum daerah 2022.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik di Jakarta, Kamis mengatakan, akselerasi tersebut sebagai tindak lanjut dari Undang-undang Cipta Kerja 2020.

"Kita menggelar rapat koordinasi sebagai sebuah langkah akselerasi untuk penetapan perencanaan produk hukum daerah sebagai tindak lanjut dari Undang-undang Cipta Kerja 2020," kata dia.

Pada rapat tersebut menurut dia mengemuka mengemuka begitu banyak tantangan yang harus diimplementasikan dalam mengintegrasikan produk hukum daerah seperti peraturan daerah atau peraturan kepala daerah dengan Undang-undang Cipta Kerja.

Baca juga: Mendagri dampingi Presiden Jokowi membuka Apkasi Expo 2021

"Banyak sekali ternyata dalam tantangan implementasi, kita masih harus banyak-banyak berkomunikasi lebih lanjut, ternyata walaupun konsep undang-undang bagus, niatnya bagus tetapi kita juga perlu mengkomunikasikan dengan baik dengan teman-teman pelaksana (di daerah)," katanya.

Nantinya, menurut Akmal terdapat kurang lebih 44 peraturan pemerintah dan 5 peraturan presiden yang sudah berjalan yang tentunya lebih lanjut nanti akan diatur dengan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah.

Kemudian, Kementerian Dalam Negeri menerbitkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 188/1185/OTDA dalam rangka percepatan implementasi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan peraturan perundang-undangan yang merupakan turunan atau aturan pelaksana dari undang-undang tersebut.


Kemendagri juga telah meminta daerah untuk menindaklanjutinya dengan mengidentifikasi peraturan daerah dan peraturan kepala daerah yang materi muatannya berkaitan dengan Undang-undang Cipta Kerja.

Melakukan perubahan, pencabutan, atau membentuk peraturan daerah dan peraturan kepala daerah yang sesuai dengan Undang-undang Cipta Kerja.

Selanjutnya, menetapkan perencanaan peraturan daerah di luar propemperda dengan keputusan DPRD dan melakukan penambahan perencanaan peraturan kepala daerah yang ditetapkan dengan keputusan kepala daerah.

Baca juga: Korlantas-Kemendagri luncurkan stiker hologram pajak kendaraan
Baca juga: Perwakilan Kemendagri tinjau Pilkades serentak 170 desa di Purwakarta

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mendagri dorong lahirnya kota-kota pintar di Indonesia 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar