Jakarta (ANTARA) - Indonesia dan Australia terus memperkuat hubungan militer antara kedua negara, yang tercermin melalui tiga latihan bersama dan dua kunjungan perwira senior angkatan darat pada September dan Oktober 2021.

“Kami telah kembali memulai pelatihan militer bilateral yang menandai tonggak penting dalam kemitraan pertahanan dan keamanan kita,” kata Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam keterangan tersebut, dikatakan bahwa dialog 2+2 yang melibatkan Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri kedua negara pada  9 September tahun ini kemudian disusul oleh kunjungan dari Mayor Jenderal Jake Ellwood ke Jakarta.

Mayjen Ellwood merupakan Komandan Divisi 1 Angkatan Darat Australia dan dia melakukan pertemuan dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa sebagai bagian dari kunjungannya ke Tanah Air.

Peluang dan inisiatif untuk meningkatkan level dan kompleksitas latihan bersama merupakan sebagian hal yang dibahas dalam pertemuan dengan pimpinan TNI Angkatan Darat itu.

Dia pun mengatakan “senang dapat kembali ke Indonesia saat kami mulai memperkuat hubungan bilateral Angkatan Darat kami dengan Indonesia.”

Selain melakukan pertemuan dengan KASAD TNI Jenderal Andika Perkasa, Mayjen Ellwood juga sempat membuka Pelatihan Instruktur Tempur Perwira Muda (JOCIT), yang berlangsung selama dua pekan di Badung, Jawa Barat.

Pelatihan itu melibatkan 165 anggota Angkatan Darat Indonesia dan Australia.

Saat membuka acara tersebut, dia menekankan pentingnya meningkatkan kompleksitas operasi seiring meningkatnya kerja sama kedua pihak. “Kegiatan seperti JOCIT sangat penting bagi Australia dan Indonesia,” ujarnya.

Adapun pada 27 September lalu, Pasukan Khusus Kopassus dan Special Air Service Regiment (SASR) kedua negara memulai Latihan Gabungan Kontraterorisme yang disebut sebagai ‘Dawn Komodo’ di Sewang, Jawa Barat.

Dalam pelatihan itu, kedua pihak berkesempatan untuk bertukar keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman.

Autralia juga menjadi tuan rumah bagi 200 personel Angkatan Darat Indonesia selama bulan Oktober di Darwin untuk Latihan Wirra Jaya yang disponsori Angkatan Darat Australia.

Latihan Wirra Jaya merupakan latihan tahunan bersama, yang berlangsung selama tiga pekan, antara Australia dan Indonesia guna meningkatkan keterampilan infanteri dan memperkuat nilai-nilai serta komitmen bersama untuk mempertahankan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Baca juga: RI-Australia bahas peningkatan kerja sama pertahanan, pendidikan
Baca juga: Indonesia-Australia sepakat perpanjang kerja sama pertahanan
Baca juga: Dubes: Indonesia-Australia perlu lanjutkan kerja sama pertahanan


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021