Jakarta (ANTARA) - Menulis lagu ternyata bisa menghilangkan stres dan membuat pikiran menjadi tenang, menurut Yura Yunita.

Cara itu ia dapatkan setelah berkonsultasi dengan psikolog dan akhirnya ia mendapatkan jawaban dari permasalahannya selama ini.

"Jadi ketika aku mengeluarkan semua masalah yang ada di kepalaku, psikolog itu menyarankan tuliskan saja semua pikiran yang ada di pikiran ke dalam kertas. Itu salah satu cara merilis perasaan negatif dan kalau buat aku salah satunya dengan menulis lagu,” kata Yura dalam konferensi pers virtual, Jumat.

Baca juga: Yura Yunita bawa semangat lewat lagu "Mulai Langkahmu"

Baca juga: Yura Yunita ajak Tulus kolaborasi di lagu "Duhai Sayang"


Caranya untuk melepas stres itu pun akhirnya menuntun Yura menghasilkan album barunya “Tutur Batin”. Dalam pembuatan “Tutur Batin”, Yura menceritakan prosesnya melangkah, menyelesaikan masalah, dan menerima dirinya sendiri.

“Lewat membuat lagu- lagu untuk album ini, aku jadi bisa menemukan akar- akar permasalahan aku sebagai manusia. Sehingga akhirnya aku mendapatkan jawaban dari pertanyaan- pertanyaan yang selama ini ada lewat cara ini,” kata Yura.

Salah satu masalah yang akhirnya bisa diselesaikannya lewat menulis lagu adalah kenangannya pada masa SMA saat diremehkan dan dinilai tidak cocok untuk menjadi penyanyi profesional.

Saat itu Yura sempat merasa rendah diri karena dinilai tidak sesuai standar "cantik" oleh salah satu label rekaman musik.

Namun akhirnya lewat proses penerimaan diri dan menuangkan emosinya itu ke dalam lagu utama "Tutur Batin", Yura akhirnya justru tidak hanya menerima diri tapi juga memaafkan orang- orang yang pernah menyakitinya.

“Dengan membuat album ini, aku belajar juga untuk memaafkan. Karena sebenarnya memaafkan bisa saja di mulut tapi ketika di alam bawah sadar memaafkan itu ternyata butuh proses. Nah dengan menuangkannya dalam lirik, dan menyanyikan selantang- lantangnya ini jadi proses healing untuk diriku sendiri," ujar penyanyi yang kini meraih dua nominasi untuk AMI Awards 2021.

“Tutur Batin” menjadi album ketiga Yura Yunita setelah tujuh tahun berkarir di industri musik Tanah Air. Harapannya lewat album “Tutur Batin” semakin banyak orang yang bisa merasakan dan bisa menerima dirinya sendiri seperti yang dirasakan oleh Yura.

"Tutur Batin” yang akan dirilis pada Jumat 22 Oktober 2021 pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Pulang ke "rumah" jadi cara Yura Yunita temukan inspirasi karya

Baca juga: Yura Yunita isi lagu tema film "Nussa"

Baca juga: Dewa 19 gandeng Yura Yunita rilis ulang "Kangen" dan "Risalah Hati"


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021