Jakarta (ANTARA News) - Berdasarkan hasil keseluruhan pencarian Yahoo tentang tren kecantikan di wilayah Asia Pasifik, termasuk Indonesia, Singapura, Korea, Taiwan, Hong Kong, menunjukkan bahwa operasi plastik sekarang tidak lagi dianggap sesuatu yang mahal dan harus disembunyikan.

Hasil pencarian itu membeberkan tren terbaru tahun ini di kalangan pengguna Internet seiring kemajuan teknologi.

Dalam siaran pers yang diterima Rabu (23/2) disebutkan bahwa operasi-operasi ringan seperti "Hyaluronic acid fillers injection" dan "Botox" telah dianggap sebagai langkah perawatan kecantikan yang mudah.

Kedua operasi itu secara mengejutkan menjadi terkenal di Asia Pasifik, dan menjadikan kedua hal tersebut sebagai kata-kata kunci yang popular di Asia Pasifik.

Topik perawatan wajah (facial) berada di peringkat atas karena kata "acne solutions" (solusi jerawat) merupakan kata kunci terkait kecantikan yang paling banyak dicari pada 2010 di Asia Tenggara, diikuti dengan kata "breast care" (perawatan payudara) dan "diet".

Ada sejumlah perubahan tajam dalam hasil pencarian yang terkait dengan penampilan tubuh terutama pada, perawatan wajah dibandingkan tahun lalu. Beberapa negara di Asia Pasifik lebih fokus pada operasi plastik. Sementara, Asia Tenggara menunjukkan hasil pencarian terkait kecantikan yang lebih seimbang, antara lain "weight control" (kontrol berat badan).

Selain tren umum operasi plastik yang semakin popular di Asia Pasifik, perbedaan budaya juga ditemukan di antara negara-negara berdasarkan hasil pencarian terkait tren kecantikan di masing-masing negara. Meskipun para pengguna di Korea, Hong Kong dan negara-negara di Asia Tenggara sangat menekankan pada pembentukan tubuh, preferensi solusi juga beragam.

Para pengguna di Hong Kong memilih metode-metode alami, dilihat dari kata kunci "Yoga" yang menempati peringkat teratas. Di Korea, para pengguna cenderung mencari metode yang efisien seperti kata kunci "liposuction" yang menempati peringkat nomor satu.

Fokus ketertarikan juga beragam dari satu negara ke negara lain. Di Korea, karena semua selebritis asal Korea memiliki wajah oval yang sempurna, penduduk Korea memiliki keinginan untuk menyempurnakan wajah dengan operasi "orthognathic" sebagai trend paling popular.

Di Hongkong, sebagai salah satu pusat finansial di Asia, dengan suasana yang ramai, kehidupan yang sibuk dan penuh tekanan, menjadikan tren "hair loss" (kerontokan rambut) sebagai masalah umum di sana sehingga solusi rambut rontok menjadi fokus.

"Hasil pencarian online tertinggi di negara-negara Asia Tenggara merefleksikan ketertarikan yang tinggi untuk perawatan tubuh dan muka jika dibandingkan dengan wilayah regional lain yang lebih memilih operasi kosmetik. Hal yang juga menarik untuk diteliti adalah penurunan pada pertanyaan yang terkait "botox" dan kenaikan pada solusi 'pengaturan berat badan' di wilayah ini," kata Zul Rejab, Editorial Manager, Search Content Analysis,

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011