Anti Hoax

Hoaks! Istana tak apresiasi penghafal Al-Quran peserta kejuaraan dunia

Hoaks! Istana tak apresiasi penghafal Al-Quran peserta kejuaraan dunia

Sejumlah santri mengulang kembali hafalan Al Quran saat menjalani program Tahfizh Leadership angkatan ke-7 di Pondok Pesantren Mandalla Khair, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, Kamis (10/9/2020). ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/aww (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Salah satu pengguna WhatsApp terlihat membagikan sebuah narasi yang mengklaim pihak Istana Kepresidenan telah abai terhadap seorang penghafal Al-Quran, yang akan mengikuti Olimpiade Tahfidz Internasional di Mekkah, Arab Saudi.

Pesan berantai di WhatsApp yang beredar pada Kamis (21/10) itu, juga menekankan bahwa adanya perbedaan sikap pihak Istana dalam memperlakukan seorang penghafal Al-Quran, jika dibandingkan dengan atlet.

Berikut potongan narasinya:
"Mohon doa nya, KHAIRURRAZAK ALHAFIZI, asal Desa Keronglong, Kec. Suralag, Kab Lombok Timur NTB. Telah berangkat menuju kota Mekkah al Mukkaromah utk mengikuti Olimpiade TAHFIZ AL Qur'an tingkat dunia pada bulan October.

Tetap semangat 'Dek walaupun tak di lepas di istana negara layaknya para atlet2 olah raga serta tak di liput khalayak ramai media,". 


Namun, benarkah Istana tidak apresiasi penghafal Al-Quran peserta kejuaraan dunia?
 
Tangkapan layar narasi yang menyatakan istana tidak apresiasi penghafal Al-Quran peserta kejuaraan dunia (WhatsApp)

Penjelasan:
Setelah ditelusuri, narasi tersebut ternyata merupakan unggahan lama yang telah beredar sejak 2017, namun saat ini dibagikan ulang.

Faktanya, menurut laman resmi Kemenag, saat ini L. Muh. Khairurrazzaq Al-Hafizi merupakan salah satu peserta yang sedang mengikuti Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) Nasional XXVI tahun 2021 yang digelar di Provinsi Maluku Utara.

Al-Hafizi menjadi peserta yang masuk babak final pada kategori hafalan 30 Juz. 

Pada Kamis (21/10), pemuda asal Nusa Tenggara Barat itu akan bertanding dengan dua rekannya, masing-masing dari Riau serta Sumatera Utara, untuk menjadi juara di kategori tersebut.

Dengan demikian, narasi yang menyatakan bahwa Khairurrazzaq Al-Hafizi saat ini akan bertolak ke Mekkah tanpa diapresiasi pihak Istana, merupakan kabar menyesatkan.

Klaim: Istana tidak apresiasi penghafal Al-Quran finalis kejuaraan dunia
Rating: Salah/Disinformasi

Baca juga: Menag: Jadikan STQ Nasional XXVI ajang membumikan Islam penuh rahmat

Baca juga: Kumandang merdunya lantunan ayat suci Al Quran dari Sofifi

Baca juga: Gubernur Malut: Berbekal Al Quran kami berani laksanakan STQ Nasional

 

Pewarta: Tim Jacx
Editor: Hanni Sofia
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jaga kerukunan beragama,  Wapres serukan hentikan hoaks

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar