Jakarta (ANTARA) - Danone Communities, lembaga impact investment dan inkubator bisnis sosial untuk masyarakat berpenghasilan rendah, mengumumkan investasi pada perusahaan sosial Nazava di Indonesia.

"Ini adalah kali pertama kami bekerja sama dengan perusahaan penyaring air rumah tangga, sekaligus kali pertama berkolaborasi dengan perusahaan asal Indonesia. Nazava memiliki cara-cara inovatif untuk menjangkau konsumen melalui jaringan Lembaga Keuangan Mikro sehingga membantu semakin banyak masyarakat membeli penyaring air rumah tangga melalui skema cicilan yang terjangkau," kata Valerie Mazon, Business Development Waters Director, Danone Communities dalam siaran pers pada Jumat.

Investasi juga dianggap Mazon sebagai sebuah model keuangan hybrid, "dengan menjual kredit karbon berkat pengurangan CO2."

Baca juga: Dukung UMKM, Danone gelar "Stellar Women Entrepreneurship Academy"

Nazava adalah sebuah perusahaan sosial yang memiliki misi menyediakan air minum yang aman dan terjangkau dengan memproduksi dan menjual saringan air minum berkualitas tinggi dengan harga yang murah bagi rumah tangga.

Didirikan di Indonesia pada 2009 oleh dua warga negara Belanda, Guido van Hofwegen dan Lieselotte Heederik, Nazava menyediakan air minum bagi lebih dari 450 ribu orang berpenghasilan rendah dan menargetkan untuk menjangkau 2 juta orang di 2024.

Bekerja sama dengan perguruan tinggi lokal dan internasional, termasuk Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Delft University, Belanda, saringan air minum Navaza telah teruji secara global dan didesain agar aspiratif dan mudah digunakan.

Produk ini didistribusikan secara luas di Indonesia lewat jaringan penjualan Lembaga Keuangan Mikro (MFI), reseller, dan situs e-commerce.

Secara keseluruhan saringan air Nazava memiliki dampak positif pada masyarakat di antaranya meningkatkan kesehatan dengan cara mengurangi potensi penyakit yang menyebar lewat air, mengurangi produksi CO2 karena tidak butuh merebus air dengan menggunakan energi fosil, mengurangi sampah, menghemat pengeluaran barang sekali pakai untuk rumah tangga (hemat hingga Rp1.099.460 per tahun per rumah tangga).

Selain itu meningkatkan ketersediaan waktu pada rumah tangga (menghemat 2 jam per minggu per rumah tangga).

Investasi Danone juga mendukung upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia untuk mencapai target 100 persen akses air minum layak dan 15 persen air minum aman di 2024, serta 100 persen akses air minum aman pada 2030.

Baca juga: Danone-AQUA kembali raih sertifikasi B Corp

Baca juga: KLHK: Perlu kesadaran masyarakat untuk tekan sampah plastik

Baca juga: Danone tanam 2,4 juta pohon rayakan Hari Air

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021