Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI Iwan Bogananta menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Makedonia Utara Stevo Pendarovski dan menyampaikan bahwa Indonesia siap meningkatkan kerja sama dengan negara tersebut.

Iwan Bogananta dipercaya oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, demikian menurut keterangan KBRI Sofia yang diterima di Jakarta, Jumat.

Melengkapi penyerahan Surat Kepercayaan (Letter of Credentials) dari Presiden Jokowi yang telah diberikan kepada Pemerintah Bulgaria dan Albania, Dubes Iwan Bogananta pun menyampaikan surat kepercayaan serupa dan bertemu langsung Presiden Stevo Pendarovski pada Selasa (19/10).

Dubes Iwan menyertakan surat kepercayaan dari Presiden Jokowi dengan tanda mata -- berupa sepeda bambu buatan usaha kecil dan menengah (UKM) Tanah Air -- sebagai simbol harapan Indonesia dapat membangun hubungan bilateral yang lebih erat dengan Makedonia Utara.

"Saya gembira sekali bisa bertemu dengan Presiden Stevo Pendarovski sekaligus menyampaikan salam hormat dari Presiden Jokowi setelah penyerahan surat kepercayaan secara daring berlangsung pada April lalu," ujar Iwan.

Iwan berharap pertemuan langsung dengan Presiden Pendarovski yang berlangsung hangat dapat menjadi pintu untuk kerja sama Indonesia dan Makedonia Utara yang semakin terbuka.

"Kami membahas rencana kerja sama bilateral kedua negara secara luas, khususnya bidang ekonomi dan pariwisata," katanya.

Makedonia Utara adalah negara yang memiliki kekayaan budaya, seni, musik, puisi dan arsitektur. Negara yang merupakan pecahan Yugoslavia itu memiliki penduduk sekitar 2 juta orang.

Saat terdapat sekitar 35 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Makedonia Utara.

Baca juga: Dubes RI serahkan surat kepercayaan kepada Presiden Albania
Baca juga: KBRI Sofia dorong ekspor Indonesia ke Bulgaria
Baca juga: Dubes Indonesia Bulgaria dan Walikota Montana bahas peluang kerja sama

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021