Jakarta Barat dorong seluruh kecamatan jadi zona hijau COVID-19

Jakarta Barat dorong seluruh kecamatan jadi zona hijau COVID-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri) berbincang dengan tenaga kesehatan untuk vaksinasi COVID-19 di Mall Central Park, Jakarta Barat, Minggu (22/8/2021). Dalam kesempatan tersebut Budi Gunadi Sadikin mengunjungi pameran foto Bulan Kemerdekaan HUT-76 RI sekaligus meninjau sentra vaksinasi COVID-19 yang ada di pusat perbelanjaan itu. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

terutama untuk kecamatan yang wilayahnya padat
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Penkot) Jakarta Barat (Jakbar) mendorong seluruh kecamatan untuk bisa mendapatkan predikat zona hijau COVID-19 melalui upaya maksimal seperti program vaksinasi massal. 

"Jadi, kita memang sedang bergerak bersama-sama, terutama untuk kecamatan yang wilayahnya padat," kata Sekretaris Kota Jakarta Barat Iin Mutmainnah saat ditemui di vihara Dharma Bhakti, Glodok, Jakarta Barat, Jumat.

Menurut Iin, setiap jajarannya di wilayah memiliki kesulitan tersendiri. Banyak kecamatan yang jumlah penduduknya banyak seperti Pal Merah, Kalideres hingga Cengkareng.

Jumlah penduduk di tiga kecamatan tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan Taman Sari yang kini sudah berstatus zona hijau.

"Walaupun setiap wilayah punya tingkat kesulitan yang berbeda, kita tetap bergerak memberikan vaksin ke masyarakat," kata dia.

Baca juga: Tamansari jadi satu-satunya kecamatan zona hijau COVID-19 di Jakbar

Iin berharap seluruh kecamatan di Jakarta Barat bisa mendapatkan predikat zona hijau COVID-19 hingga akhirnya 2021.

Maka dari itu, dia berharap stok vaksin di wilayah Jakarta Barat tetap tidak menipis agar target tersebut bisa terealisasi.

Untuk diketahui, jajaran kecamatan Taman Sari sudah memvaksin 86.247 warganya selama program vaksinasi massal bergulir.

Capaian tersebut yang membuat Taman Sari menjadi satu-satunya kecamatan yang berpredikat zona hijau COVID-19.

"Sasaran vaksin kita 103.037 warga. Sampai saat ini yang sudah vaksin 80,70 persen," kata Camat Taman Sari Agus Sule saat ditemui di kawasan Glodok, Jakarta Barat.

Baca juga: Vaksinasi di Kepulauan Seribu Utara capai 95,83 persen

Berkat capaian vaksin yang tinggi, mayoritas warga telah memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Karena itu, jumlah kasus pun mulai berkurang. "Sudah beberapa hari ini kita nol kasus COVID-19. Itu pencapaian yang baik," kata dia.

Dari delapan kelurahan yang ada di kecamatan Taman Sari, lima kelurahan sudah berstatus zona hijau COVID-19.

"Kelurahan Taman Sari, Tangki, Mangga Besar, Glodok, Pinangsia sudah zona hijau. Sisanya Kelurahan Krukut, Keagungan, sama Maphar masih zona kuning," terang Agus.

Baca juga: DKI dorong penemuan kasus COVID-19 secara aktif

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

DKI Jakarta catatkan kasus positif COVID-19 tertinggi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar