Mataram (ANTARA) - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyerahkan pelaksanaan Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Sirkuit pada 12 - 14 November 2021.

"Yang ditangani oleh Dorna hanya event World Superbike (WSBK) dan MotoGP, sedangkan IATC diserahkan pelaksanaannya sepenuhnya kepada pemerintah daerah," kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah pada Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan IATC di Pendopo Gubernur NTB di Mataram, Jumat.

Gubernur menyatakan, MGPA menyerahkan pelaksanaan event IATC kepada Pemerintah Provinsi NTB sepenuhnya. Dengan catatan bertanggung jawab terkait keamanan fasilitas di arena sirkuit, menjamin kebersihan dan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat kepada seluruh penonton, dengan mewajibkan penonton telah divaksin 2 kali, melakukan rapid antigen dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Untuk jumlah penonton IATC diperkirakan sebanyak 15.000 penonton, yang terdiri dari masyarakat NTB dan siswa SMA/SMK dan santri di NTB.

Oleh karena itu, seluruh OPD terkait lingkup Provinsi NTB, diminta untuk dapat mengambil bagian untuk mensukseskan pelaksanaan event tersebut.

"Event ini merupakan ajang untuk memperkenalkan kepada masyarakat dan pelajar kita, untuk memberikan kesempatan kepada junior, memancing minat mereka terhadap dunia motor sport," ucapnya.

Baca juga: Harga tiket WSBK resmi diumumkan, mulai Rp795 ribu hingga Rp19,5 juta

Untuk mengantisipasi tingginya jumlah penonton yang hadir, gubernur meminta agar standarisasi terkait protap keamanan dan pemberlakuan protokol kesehatan pada event IATC disamakan dengan event WSBK.

"Ini wujud partisipasi, supaya kita tidak jadi penonton di tempat sendiri," ujarnya.

Sebelum event IATC dilaksanakan, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, akan mengerahkan siswa-siswa SMA/SMK untuk melakukan pembersihan dan kegiatan penghijauan di sekitar Sirkuit Mandalika.

Gubernur meminta agar event ini dapat dibuat semeriah mungkin, melibatkan masyarakat, melibatkan penyanyi lokal, tentunya dengan tetap menjaga kebersihan dan menjaga fasilitas di Sirkuit. Event ini juga akan dijadikan ajang untuk pameran produk lokal UMKM NTB, seperti produk sektor kesehatan, motor listrik dan berbagai jenis produk-produk lokal NTB.

"Ini dari kita, oleh kita untuk kita, prinsipnya," katanya.

Baca juga: MGPA beri sinyal kapan tenggat homologasi final Sirkuit Mandalika
Baca juga: WSBK dan MotoGP Mandalika bisa bangkitkan pariwisata Indonesia

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021