Jakarta (ANTARA) - Arsenal menyudahi rentetan hasil buruk melawan Aston Villa setelah membukukan kemenangan 3-1 atas tamunya itu dalam laga pekan kesembilan Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Sabtu dini hari WIB.

Hasil itu menjadi kemenangan pertama Arsenal dalam empat pertemuan terakhir melawan Villa dalam Liga Inggris setelah tiga pertandingan sebelumnya The Gunners selalu kalah.

Emile Smith-Rowe dan Pierre-Emerick Aubameyang sama-sama membukukan satu gol dan satu assist untuk kemenangan Arsenal yang dibuka dengan gol dari Thomas Partey.

Kemenangan itu membawa Arsenal sementara naik ke posisi kesembilan klasemen dengan koleksi 14 poin, sedangkan Villa (10) tak beranjak dari urutan ke-13, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Arsenal menekan sejak kickoff dan nyaris membuka keunggulan saat laga baru berusia empat menit ketika Aubameyang menyambut umpan silang Bukayo Saka dengan tembakan akrobatik yang melambung di atas mistar gawang.

Baca juga: Mohamed Salah ingin tuntaskan karier di Liverpool, tapi...

Pada menit kedelapan Aubameyang sukses menyarangkan bola ke gawang Villa, tetapi gol itu dianulir oleh wasit Craig Pawson yang menilai Alexandre Lacazette terlebih dulu melakukan pelanggaran dalam proses serangan.

Pada menit ke-20, Arsenal menciptakan peluang lagi melalui tembakan voli Partey yang berakhir menghantam mistar gawang.

Tiga menit kemudian dominasi Arsenal membuahkan hasil saat Smith-Rowe mengirimkan umpan sepak pojok akurat yang disambut tandukan Partey untuk membuka keunggulan 1-0 atas Villa.

Pada menit kedua injury time terjadi insiden di dalam kotak penalti Villa saat Lacazette dijatuhkan oleh Matt Targett yang menimbulkan protes para pemain Arsenal bahkan sorak sorai dari tribun Emirates.

Setelah meninjau langsung monitor VAR di tepi lapangan, Pawson akhirnya menunjuk titik putih.

Baca juga: Tuchel harapkan Havertz pimpin lini depan Chelsea hadapi Norwich

Eksekusi penalti Aubameyang awalnya bisa dimentahkan oleh kiper Emiliano Martinez, tetapi kapten Arsenal itu sigap menyambar bola muntah demi menggandakan keunggulan tuan rumah.

Momentum Arsenal berlanjut pada babak kedua dan menit ke-56, Smith-Rowe turut mencatatkan namanya di papan skor setelah menyambut umpan kiriman Aubameyang dengan tembakan yang berbelok mengenai Tyrone Mings sehingga mengecoh Martinez.

Villa yang sejak awal laga tertekan nyaris mencetak gol balasan pada menit ke-62, tetapi tembakan Emiliano Buendia bisa dihalau kiper Aaron Ramsdale dengan menggunakan kakinya.

Gol balasan Villa baru lahir pada menit ke-82 melalui Jacob Ramsey yang menyambut umpan Leon Bailey dengan tembakan sentuhan pertama. Sayanga Villa gagal menemukan momentum kebangkitan dan Arsenal memenangi laga dengan skor 3-1.

Arsenal akan bertandang ke Stadion King Power menghadapi Leicester City, Sabtu ekan depan, sedangkan Villa sehari berselang menjamu West Ham United di Villa Park.

Sebelum itu, Arsenal bakal terlebih dulu melakoni laga 16 besar Piala Liga Inggris melawan Leeds United di Emirates pada Selasa (26/10). 

Baca juga: Mikel Arteta akui laga Arsenal melawan Aston Villa akan berjalan berat

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021