Jakarta (ANTARA News) - 3M membangun Customer Innovation Center (CIC) yang modern, dimana teknologi yang sudah dihasilkan 3M selama ini bisa ditunjukkan secara komprehensif, terutama untuk pasar Indonesia yang terus tumbuh.

Berdasarkan laporan "The World 2050" (HSBC, Januari 2011) dan "Super-cycle Report (Standard Chartered, November 2010), Indonesia diproyeksikan menjadi pasar dunia terbesar nomor lima. Peluang pertumbuhan bisnis di tanah air itu ditangkap 3M dengan membangun CIC, demi mengembangkan usahanya.

CIC berlokasi di kantor 3M di Perkantoran Hijau Arkadia Tower F, lantai 8, Jalan TB Simatupang Kav. 88, Jakarta. CIC diciptakan untuk menggantikan Customer Technical Center sebelumnya. Di dalam CIC pengunjung bisa mengetahui apa saja produk 3M mulai dari produk rumah tangga, produk untuk industri otomotif hingga peralatan kedokteran.

CIC didesain sebagai galeri yang tidak statis, artinya galeri ini bisa diperbarui secara berkala sesuai perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat.

Jugono Widjaja, Strategic Marketing & Business Process Development, mengungkapkan bahwa 3M saat ini juga sedang membangun gedung yang akan digunakan sebagai tempat workshop. Gedung tersebut lokasinya tidak jauh dari kantor mereka.

"Itu untuk 'workshop' untuk mengerjakan pelatihan, pengamplasan untuk 'customer' kita atau calon 'customer' atau bisa juga sekolah-sekolah," kata pria yang akrab dengan panggilan Joe itu, di kantor 3M, Jumat (24/2).

Ketika ditanya mengenai komitmen 3M terhadap bidang pendidikan di Indonesia, Joe mengatakan,"Begitu ini (gedung worksop) jadi kami bisa menawarkan program sains bagi anak-anak sekolah."

Menurut Joe, 3M sedang mencoba menggarap STM khusus otomotif yang berlokasi di Jawa Tengah. STM itu berbeda dengan STM lain yang umumnya memiliki kelas khusus mesin, di STM ini pendidikan fokus pada perbaikan mobil.

Hal itu sesuai dengan 3M, karena 3M tidak menjual mesin otomotif melainkan produk-produk untuk perbaikan mesin.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011