MotoGP

Bagnaia klaim pole GP Emilia Romagna, Quartararo P15

Bagnaia klaim pole GP Emilia Romagna, Quartararo P15

Pebalap tim Ducati Francesco Bagnaia menjalani sesi kualifikasi Grand Prix Emilia Romagna, Sirkuit Misano, Italia. (23/10/2021) (ANTARA/REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Jakarta (ANTARA) - Francesco Bagnaia mengklaim pole position Grand Prix Emilia Romagna setelah tampil tercepat di babak kualifikasi di Sirkuit Misano, Italia, Sabtu.

Bagnaia, yang harus melewati Q1 terlebih dahulu, mencatatkan waktu terbaik 1:33,045 detik demi mengalahkan rekan satu timnya di Ducati, Jack Miller dengan selisih 0,025 detik.

Sedangkan Luca Marini dari tim Esponsorama Racing melengkapi baris terdepan di motor Ducati ketiga, demikian laman resmi MotoGP.

Sementara itu pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo kewalahan menemukan kecepatan di trek basah Misano ketika tiga sesi latihan basah dan akan memulai balapan dari P15 setelah catatan waktu terbaiknya di Q1 dihapus karena sang pebalap melanggar peringatan bendera kuning.

Quartararo tiba di Misano, balapan seri ke-16 dari 18 musim ini, dengan keunggulan 52 poin atas Bagnaia dan memiliki peluang mengunci gelar juara dunia MotoGP pada Minggu apabila ia mampu mempertahankan jarak sedikitnya 50 poin dari rival terdekatnya itu.

Baca juga: GP Emilia Romagna: Bagnaia berharap jaga asa perebutan gelar MotoGP

Bagnaia sempat merasakan podium teratas di balapan pertama Misano pada September dan bakal berupaya menjaga asa perebutan gelar tetap terbuka.

Sementara itu, Valentino Rossi akan menjalani balapan perpisahan dengan pendukung tuan rumah di kampung halamannya itu sebelum pensiun akhir musim ini. Rossi akan start dari posisi paling buncit.

Para pebalap baru bisa menggunakan ban kering di sesi latihan bebas ketiga ketika kondisi trek membaik sepanjang akhir pekan ini.

Pol Espargaro menjadi pebalap Honda terdepan di P4, yang bakal ditemani oleh Miguel Oliveira (KTM) dan Franco Morbidelli (Yamaha) di baris kedua.

Sedangkan Marc Marquez mengamankan baris ketiga setelah finis P7 di depan duet tim KTM Tech3 Iker Lecuona dan Danilo Petrucci.

Setelah hujan mengguyur sepanjang Jumat dan Sabtu pagi, cuaca di Misano diprediksi akan cerah pada balapan Minggu nanti.

Baca juga: Bagnaia plong setelah rengkuh kemenangan MotoGP perdananya
Baca juga: Tingkatkan keselamatan, MotoGP naikkan batas umur minimal pebalap
Baca juga: MotoGP rilis kalender provisional 2022, Mandalika tuan rumah seri ke-2

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mengintip isi garasi BMW Motorrad Superbike Mandalika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar