Keterlibatan Indonesia dalam industri halal menjadi potensi untuk menarik lebih banyak investasi dan peluang ekspor produk halal Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian akan turut memeriahkan Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai dengan memamerkan peta jalan Making Indonesia 4.0 yang diluncurkan Presiden RI Joko Widodo pada 4 April 2018 di hadapan dunia.

Peta jalan itu merupakan inisiatif akselerasi pembangunan industri agar Indonesia siap memasuki era industri 4.0 yang berfokus pada tujuh sektor industri, meliputi makanan dan minuman, tekstil dan busana, otomotif, kimia, elektronika, farmasi, dan alat kesehatan.

“Pada minggu keempat perhelatan Expo 2020, Paviliun Indonesia akan menampilkan perkembangan dari pengaplikasian industry 4.0, industri halal hingga ekonomi kreatif bangsa di hadapan dunia," kata Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia Didi Sumedi.

Melalui Expo, lanjut Didi, Indonesia dapat memamerkan beragam potensi dalam bentuk produk maupun proyek nasional unggulan pada masa depan dunia yang lebih baik. Hal itu menjadi kesempatan luar biasa bagi Indonesia untuk menjalin kerja sama perdagangan dan menarik investasi.

Dalam peta jalan Making Indonesia 4.0, terdapat sejumlah inisiatif nasional yang akan disosialisasikan dalam perhelatan Expo 2020 Dubai.

Kemenperin juga akan menampilkan potensi investasi strategis sekaligus perkembangan dan potensi industri halal melalui serangkaian acara forum bisnis yang membahas peningkatan Global Value Chain dalam keterlibatan Indonesia pada industri halal.

Selain itu, pembiayaan industri halal dan logistik di Indonesia, hingga pengakuan tentang pelabelan, sertifikasi, dan standar halal dan promosi produk UMKM siap ekspor bersertifikat halal di rolling exhibition.

Kesempatan menyuguhkan peta jalan Making Indonesia 4.0 dan kawasan industri sebagai tempat investasi strategis itu sekaligus menjadi media untuk menampilkan kesiapan Indonesia dalam menerima investasi asing, termasuk pada industri halal.

"Dengan terlaksananya forum bisnis hingga rolling exhibition yang memuat berbagai informasi mengenai keterlibatan Indonesia dalam industri halal menjadi potensi untuk menarik lebih banyak investasi dan peluang ekspor produk halal Indonesia," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021