Jakarta (ANTARA) - Pemuncak klasemen sementara F1 Max Verstappen mengklaim pole position Grand Prix Amerika Serikat di Austin pada Sabtu di saat rival utamanya, Lewis Hamilton, melengkapi posisi start baris terdepan untuk Mercedes.

Pole itu merupakan kesembilan kalinya bagi Verstappen musim ini dan bakal membuka potensi pertarungan ketat dengan sang juara dunia tujuh kali pada balapan nanti.

Pebalap yang menang di Austin selalu start dari baris terdepan sejak grand prix pertama di Circuit of the Americas digelar pada 2012, dan Verstappen merupakan pebalap non-Mercedes pertama yang mengambil pole sejak dimulainya era mesin hybrid turbo V6 pada 2014.

"Gerimis turun di akhir lap saya dan saya tidak yakin bisa bertahan tapi meraih pole ini luar biasa," kata Verstappen, yang mencetak satu menit 32,910 detik demi mengalahkan Hamilton dengan jarak 0,209 detik di kualifikasi.

"Saya rasa kami telah menjalani sejumlah pertarungan hebat musim ini jadi saya menantikan itu lagi," kata Verstappen yang mengantongi keunggulan enam poin atas Hamilton di klasemen.

Sementara itu Hamilton, lima kali menang di Austin, mengatakan ia senang dengan catatan waktunya tapi "Saya rasa itu yang terbaik yang kami miliki."

Rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez mengincar pole perdana dalam kariernya setelah tampil tercepat di sesi latihan tapi harus puas dengan posisi start ketiga di grid.

Sang pebalap Meksiko, yang mendapat dukungan sebagian besar 120.000 penonton yang hadir saat dia memuncaki catatan waktu, menjadi yang tercepat di flying lap pertama tapi ia tidak dapat mempertahankan posisinya saat Hamilton dan Verstappen tampil lebih kencang.

Perez akan ditemani oleh Charles Leclerc yang melengkapi baris kedua dengan mobil Ferrarinya.

Rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas finis keempat di kualifikasi tapi harus mundur ke P9 karena penalti buntut penggunaan mesin yang melebihi alokasi dalam satu musim.

Baris ketiga dihuni oleh pebalap Ferrari lainnya Carlos Sainz dan pebalap McLaren Daniel Ricciardo, yang diikuti rekan satu timnya, Lando Norris dan pebalap AlphaTauri Pierre Gasly, demikian Reuters.

Baca juga: Rivalitas memanas, Verstappen dibuat kesal Hamilton di latihan GP AS
Baca juga: Pejabat: Grand Prix Australia di Melbourne tidak akan ke mana-mana
Baca juga: Hamilton ingin F1 kembali ke Afrika, juga dukung ekspansi ke Amerika

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021