Padi varietas BK-Situbondo bisa menghasilkan 10,56 ton per hektare

Padi varietas BK-Situbondo bisa menghasilkan 10,56 ton per hektare

Bupati Situbondo Karna Suswandi menunjukkan padi varietas BK-Situbondo di lokasi panen padi milik petani Desa Sumberkolak, Panarukan. Minggu (24/10/2021). (ANTARA/Novi Husdinariyanto)

Situbondo (ANTARA) - Padi varietas BK-900 dan BK-700 asal Situbondo, Jawa Timur, yang saat ini dikembangkan menjadi bibit unggulan mampu berproduksi hingga mencapai 10,56 ton per hektare.

"Alhamdulillah. Setelah dilakukan pengubinan bersama Badan Pusat Statistik (BPS), padi varietas BK-900 ini produktivitasnya tidak disangka mencapai 10,56 ton per hektare," ujar Bupati Situbondo Karna Suswandi usai melakukan pengubinan padi milik Kelompok Tani Suka Tani Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Minggu.

Dari hasil ubinan 2,5 meter X 2,5 meter menghasilkan 6,6 kilogram gabah kering panen (GKP). Dengan demikian, produktivitas padi varietas BK-900 mencapai 10,56 ton gabah kering panen (GKP) per hektare, atau produktivitasnya dua kali lipat dari padi varietas pada umumnya.

Padi varietas BK-900 dan BK-700 setelah uji coba di lahan seluas 16 hektare, meningkatkan produksi dua kali lipat dari jenis padi yang biasanya ditanam oleh petani.

Selain itu, padi varietas BK-900 dan BK-700 memiliki banyak keunggulan, mulai batang yang kuat, daun bendera dan per malai padi lebih banyak dibandingkan padi biasanya.

"Ubinan padi ini hasilnya memuaskan, walaupun masih belum sepenuhnya sesuai SOP. Oleh karena itu, kami berharap benih padi BK-900 dan BK-700 nantinya dipadukan dan menjadi padi unggulan BK-Situbondo," ucapnya.

Bung Karna, sapaan bupati, berharap dengan nantinya para petani menanam padi varietas BK-Situbondo (BK-900 dan BK-700) bisa meningkatkan produksi padi, pendapatan petani juga bertambah dan secara otomatis kesejahteraan petani juga meningkat.

"Kami akan mengerahkan seluruh OPD terkait, agar mengedukasi petani serta memberikan pendampingan dalam pola tanam padi varietas BK-Situbondo," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Situbondo Bagas Susilo mengaku tidak menyangka hasil ubinan padi varietas BK-900 bisa menghasilkan 6,6 kilogram.

"Ini sangat luar biasa. Kami dan teman-teman yang lain tidak menduga bisa memperoleh hasil ini," tutur dia.

Padi jenis BK-700 dan BK-900 dipersiapkan untuk dipatenkan ke Kementerian Pertanian menjadi benih BK-Situbondo karena hasil uji coba produktivitasnya cukup bagus.
Baca juga: Pemprov Sulsel panen perdana padi varietas M70D
Baca juga: Pemkab Situbondo kembangkan bibit padi BK-900

 

Pewarta: Fiqih Arfani/Novi Husdinariyanto
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bupati Situbondo meninggal dunia karena terinfeksi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar