"Dukungan kepada George Toisutta untuk menjadi Ketua Umum PSSI, walaupun yang bersangkutan dicoret."
Kupang (ANTARA News) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan dukungan penuh pada George Toisutta untuk menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Dukungan tersebut disampaikan Ketua Harian KONI Provinsi NTT, Esthon Foenay, di Kupang, Minggu, terkait figur calon yang pantas memimpin PSSI ke masa depan.

"KONI NTT akan memberikan dukungan kepada George Toisutta untuk menjadi Ketua Umum PSSI, walaupun yang bersangkutan dicoret dari pencalonan oleh Komite Pemilihan," kata Foenay, yang juga Wakil Gubernur NTT ini.

Dia mengatakan, dukungan KONI ini sudah disampaikan secara resmi kepada Pengurus Provinsi PSSI NTT untuk diperjuangkan.

"Kami tahu bahwa Toisutta tereliminasi berdasarkan keputusan verifikasi Komite Pemilihan, karena tidak dipenuhinya persyaratan aktif lima tahun di dalam sepak bola, tetapi semuanya masih akan diperjuangkan," ucapnya.

Dukungan KONI NTT itu, kata dia, semata-mata atas dasar desakan dari masyarakat yang menginginkan adanya perubahan dalam tubuh PSSI.

"Kami sudah menginformasikan dukungan tersebut kepada Pengprov PSSI NTT. Kami mengharapkan George Toisutta lolos verifikasi calon, dan terpilih menjadi Ketua Umum PSSI," ujarnya, berharap.

Ketua Umum Pengurus Provinsi PSSI NTT, Frans Lebu Raya, yang dikonfirmasi secara terpisah mengatakan, telah menerima mandat dari KONI NTT untuk memperjuangkan George Toisutta sebagai calon sekaligus sebagai Ketua Umum PSSI.

PSSI, kata dia, akan menggelar rapat untuk membahas aspirasi dari KONI NTT untuk ditindaklanjuti.

"Kita masih akan bicarakan dalam rapat pengurus, sebelum mengeluarkan sikap resmi," kata Lebu Raya, yang juga Gubernur NTT ini.
(T.B017/C004)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011