Iran Rendahkan Laporan IAEA

Iran Rendahkan Laporan IAEA

Mantan ketua atom Iran Ali Akbar Salehi (kanan) memberi arahan di depan anggota parlemen setelah ia dilantik sebagai Menteri Luar Negeri pada Minggu (30/1) di Teheran. (FOTO ANTARA/AFP PHOTO/ATTA )

Teheran (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi mengatakan dugaan penelitian yang disebutkan laporan terbaru Direktur Jendral Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Yukiya Amano banyak kurang berpijak pada kenyataan yang ada, demikian kantor berita IRNA, Senin.

Berdasar istilah dugaan penelitian itu yang diperkirakan berasal dari dokumen rahasia militer Iran yang tercuri, Amerika Serikat menyatakan Iran diam-diam menjalankan program senjata nuklir.

Dalam sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Amano Jumat lalu, badan internasional itu mengatakan bahwa informasi baru yang diterima oleh IAEA  menambah keprihatinan bahwa Iran mungkin sedang membuat senjata nuklir.

Salehi menyatakan harapan bahwa isu yang diduga dari studi tersebut hendaknya dihapus dari laporan berikutnya dari badan pengawas nuklir PBB tentang "kegiatan nuklir damai" Iran itu.

Dia mengatakan kepada IRNA bahwa studi itu diduga berasal dari laporan mantan Kepala IAEA Mohamed ElBaradei yang tidak berdasar materi yang ada karena di bawah tekanan negara barat.

IAEA harus "bertindak independen dan mencegah memihak negara-negara barat," katanya.(*)

H-AK/A023

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Indonesia buka peluang batasi penerbangan untuk 4 negara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar