counter

Kongres PSSI Ditunda Hingga Menunggu Keputusan FIFA

Kongres PSSI Ditunda Hingga Menunggu Keputusan FIFA

Ketua Umum PSSI Nurdin Halid (kanan) dan Presiden Direktur PT Liga Andi Darussalam T (tengah) saat menyampaikan keterangan mengenai pelaksanaan Kongres PSSI di Jakarta, Senin (28/2). (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya memutuskan menunda kongres empat tahunan untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua Umum PSSI serta komite eksekutif (Exco) hingga menunggu keputusan badan sepakbola internasional (FIFA).

Menurut rencana semula, kongres akan digelar di Bali pada 26 Maret mendatang.

Ketua Umum PSSI Nurdin Halid di Jakarta, Senin mengatakan, keputusan itu diambil setelah pihaknya melakukan sidang Exco PSSI terkait dengan mekanisme pemilihan mulai pendaftaran hingga hasil dari Komite Banding Pemilihan.

"Kami baru saja menerima surat dari Komite Banding Pemilihan dan selanjutnya kami melakukan rapat untuk menyikapi hal itu. Exco memutuskan kongres ditunda karena tidak ada calon," katanya saat memberi keterangan kepada wartawan.

Tidak adanya calon, kata dia, karena hasil keputusan Komite Pemilihan dianulir dan banding dari bakal calon yang tidak lolos sebelumnya ditolak oleh Komite Banding. Padahal kongres salah satu tujuannya memilih Ketua, Wakil Ketua dan anggota Exco.

Sebelumnya ada empat orang mengajukan banding yaitu dua calon ketua umum George Toisutta dan Arifin Panigoro serta dua orang bakal calon Exco, yaitu Sihar Sitorus dan Tuti Dau. Sedangkan calon yang dianulir Komite Banding adalah Nurdin Halid dan Nirwan D Bakrie.

Dengan kondisi ini, kata dia, Exco memutuskan dua hal yaitu menunda pelaksanaan kongres dan menunggu keputusan dan arahan dari FIFA dan kedua meminta FIFA untuk tidak menjatuhkan sanksi pada PSSI.

"Malam ini juga kami akan mengirimkan hasil rapat Exco ke FIFA. Yang jelas untuk langkah selanjutnya tergantung keputusan FIFA," kata Nurdin.

Ditanya peluang PSSI menerima sanksi dari FIFA, pria kelahiran Makassar Sulawesi Selatan itu tidak mau berandai-andai. Pihaknya akan tetap berusaha kepada FIFA untuk tidak menjatuhkan sanksi kepada PSSI.

"Kami akan terus berjuang agar PSSI tidak terkena sanksi," katanya menegaskan.

Pada saat penyampaian pernyataan tersbut, Nurdin Halid didampingi Sekjen PSSI Nugraha Besoes, Presiden Direktur PT Liga Indonesia Andi Darussalam Tabusala dan anggota Exco Togar Manahan Nero serta M. Zein.

FIFA sesuai dengan rencana akan membahas kemelut yang terjadi di tubuh PSSI pada Selasa (1/3).

Peluang sanksi terburuk yang bakal diterima adalah dibekukan yang berakibat tim nasional Indonesia dilarang tampil di seluruh pertandingan internasional dibawah FIFA.(*)

(T.B016/a032)

Stop APBD Untuk Klub Bola

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar