Marak ranjau paku, Satpol PP DKI gencarkan operasi pembersihan

Marak ranjau paku, Satpol PP DKI gencarkan operasi pembersihan

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin meninjau hasil operasi pembersihan ranjau paku di Balai Kota Jakarta, Senin (25/10/2021). (ANTARA/HO Humas Pemprov DKI Jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta menggencarkan operasi pembersihan ranjau paku di lima wilayah Ibu Kota.

Hal ini, menurut Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin, sebagai respon atas penyebaran ranjau paku yang berdampak pada aktivitas masyarakat.

"Operasi ini bentuk respon cepat dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada warga Jakarta," kata Arifin di Balai Kota Jakarta, Senin.

Satpol PP pun telah menyiapkan alat-alat khusus untuk membersihkan semua ranjau paku bersama tim relawan Komunitas Saber (Sapu Bersih) serta dinas-dinas terkait. Relawan Komunitas Saber sejak 2010 secara aktif membantu membersihkan ranjau paku di jalan.

"Kami berharap ke depan tidak ada lagi pihak-pihak ataupun mungkin orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan jalan-jalan di Jakarta untuk mencari keuntungan," katanya.

Sasaran operasi pembersihan ranjau paku merupakan jalan-jalan yang sudah diidentifikasi selama ini rawan penyebaran ranjau paku. Yakni:
1. Jakarta Pusat: Jl.Veteran, Jl.Letjen Suprapto, mengarah underpass Senen, Gunung sahari mengarah Mangga Dua, Kalbe (Atrium)
2. Jakarta Selatan: Jl.Gatot Subroto, Area Fly Over Pancoran, Jl.Metro Pondok Indah, Perempatan Fedex mengarah TB Simatupang, Kolong Semanggi Depan RS Tebet
3. Jakarta Timur: Jl.Raya Bekasi, Sekitar Pasar Pramuka, Sepanjang Jatinegara, Jl.Gatot Subroto, Flyover Slipi, Pancoran, MT. Haryono Pancoran dan Cawang Jl.Raya Cakung - Cilincing
4. Jakarta Barat: Jl.Kyai Tapa, dari Grogol mengarah Roxy
5 Jakarta Utara: Jl.Yos Sudarso, Jl.Benyamin Sueb Depan PRJ, Jl.H jiung, Jl.Garuda

Baca juga: Satpol PP DKI awasi ruas jalan Jakarta agar terbebas dari ranjau paku
Baca juga: Relawan Saber temukan satu kilogram paku di Jalan Gatot Subroto


Arifin mengatakan, sejumlah pelaku penebar ranjau paku di jalan telah ditindak dan diproses secara hukum pidana. Satpol PP DKI bekerjasama dengan Kepolisian untuk menindak pelaku kejahatan di Ibu Kota.

Dia menyampaikan apresiasi kepada relawan Komunitas Saber yang telah membantu dalam pembersihan ranjau-ranjau paku di wilayah Ibu Kota Jakarta.

Untuk mekanisme kegiatan operasi pembersihan ranjau paku di wilayah Jakarta, antara lain:
1. Pemantauan terhadap pelaku penebar paku di lokasi rawan ranjau paku
2. Penyisiran dan pembersihan ranjau paku menggunakan magnet
3. Patroli pengawasan oleh unit piket antisipasi penebaran paku pada dini hari.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Temukan pelanggaran COVID-19, Satpol PP diberi kewenangan menyidik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar