Sepak Bola Nasional

PSSI maafkan Elkan Baggott

PSSI maafkan Elkan Baggott

Foto arsip - Elkan Baggott (keenam dari kanan) berlatih bersama rekan-rekannya di tim nasional U-19 Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/8/2020). Kegiatan itu sebagai bagian dari pemusatan latihan (TC) yang digelar sebagai persiapan timnas senior menuju laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan timnas U-19 untuk di Piala Asia U-19 2020 (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya sudah memaafkan bek berdarah Inggris Elkan Baggott dan membuka kembali kesempatan bagi pemain klub Ipswich Town itu untuk membela tim nasional Indonesia.

"Kalau dari sudut pandang saya, membela tim nasional Indonesia itu adalah hak semua pemain. Kami sudah maafkan dirinya dan meminta dirinya untuk bergabung ke timnas Indonesia bila dibutuhkan oleh pelatih," ujar Iriawan, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Senin.

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah Elkan Baggott mengirimkan surat permintaan maaf kepada PSSI pada Sabtu (23/10) lantaran tak bisa bergabung dengan tim nasional Indonesia.

Dalam suratnya, pesepak bola berusia 19 tahun itu berjanji akan kembali memperkuat dan memberikan segalanya bagi timnas Indonesia. Apalagi, situasi pandemi COVID-19 di Inggris dan Indonesia terus membaik seiring maraknya vaksinasi.

Baca juga: PSSI: Elkan Baggott tak bergabung dengan timnas di Dubai

Pria kelahiran Bangkok, Thailand, itu pun memaparkan mengapa dirinya tak datang saat dipanggil untuk memperkuat skuad "Garuda" pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, zona Asia di Dubai, Juni 2021.

Ketika itu, kata dia, pihak pemerintah Inggris dan klubnya menyarankan untuk tidak beranjak karena situasi COVID-19 yang buruk di Dubai.

"Semoga anda (Ketua Umum PSSI-red) memakluminya," tulis Elkan.

Elkan Baggott, bek tengah bertinggi badan 1,94 meter, pertama kali membela timnas Indonesia pada tahun 2019 dalam persiapan menuju Piala Dunia U-20. Dia sempat terlibat dalam pemusatan latihan dan pertandingan-pertandingan uji coba di Kroasia.

Namun, setelah itu, Elkan tak pernah lagi berseragam Garuda di dada termasuk dalam turnamen senior FIFA yaitu Kualifikasi Piala Dunia dan "playoff" Kualifikasi Piala Asia 2023.

Elkan pun tidak ada dalam tim yang akan berjuang di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 melawan Australia pada Selasa (26/10) dan Jumat (29/10).

Baca juga: PSSI sambut baik naiknya peringkat FIFA timnas Indonesia
Baca juga: Shin: permainan timnas U-23 sesuai keinginan usai menangi dua uji coba
Baca juga: Gol Hanis-Witan bawa Indonesia tundukkan Nepal 2-0

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Airlangga Hartarto izinkan Liga 2 digelar di luar Jawa-Bali

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar