AsiaNet 43452

TOKYO, 28 Februari (ANTARA/Kyodo JBN - AsiaNet) --
   
     Yayasan Perdamaian Niwano Peace akan menyerahkan Hadiah Perdamaian Niwano ke-28 kepada Sulak Sivaraksa dari Thailand sebagai pengakuan atas kontribusinya terhadap pemahaman baru perdamaian, demokrasi dan pembangunan serta pelestarian lingkungan berdasarkan prinsip-prinsip inti keyakinan Buddha-nya.

     Upacara penganugerahan akan berlangsung di Tokyo pada 19 Mei. Selain sertifikat penghargaan, Sulak akan menerima medali dan uang tunai 20 juta yen.

     Sulak, yang lahir pada tahun 1933 di Thailand dari keluarga keturunan China, dididik di Thailand, Inggris dan Wales dalam bidang hukum dan disiplin lainnya. Ia kembali ke Thailand pada tahun 1961. Dalam perjalanan karirnya, ia telah menggunakan bakat intelektualnya untuk menggerakkan konsep dan pergerakan "ajaran Buddha yang terlibat." Ia telah bekerja sebagai guru, sarjana, penerbit, aktivis dan pendiri banyak organisasi, termasuk International Network of Engaged Buddhists (INEB).

     Dalam memilih Sulak sebagai penerima hadiah untuk tahun 2011, Komite Hadiah Perdamaian mengatakan ia adalah "suara akal dan etika" dan "cukup intelektual untuk membujuk orang guna mempromosikan pentingnya kesadaran sosial di kalangan umat Buddha di seluruh dunia." Advokasi cerdas Sulak bagi lingkungan merupakan alasan penting lain untuk menghormatinya, yang berbicara lantang terhadap kerusakan lingkungan, mempromosikan pelestarian lingkungan dan keadilan lingkungan, demikian panitia.     
   
     Hadiah Perdamaian Niwano
  
     Hadiah Perdamaian Niwano ditetapkan pada tahun 1983 untuk menghormati dan mendorong perorangan dan organisasi yang berkontribusi amat besar terhadap pemahaman dan kerjasama antar agama, oleh karenanya memajukan perdamaian dunia. Untuk menghindari penekanan yang tak semestinya pada agama atau kawasan tertentu mana pun, nominasi diminta dari sekitar 700 orang dan organisasi, yang mewakili 125 negara. Hadiah ini diberi nama dalam menghormati pendiri dan presiden pertama organisasi Umat Buddha Rissho Kosei-kai, Nikkyo Niwano.

     Yayasan Perdamaian Niwano
    
     Yayasan Perdamaian Niwano didirikan pada tahun 1978 untuk ikut mewujudkan perdamaian dunia serta meningkatkan budaya perdamaian. Yayasan ini mempromosikan penelitian dan aktivitas lain berdasarkan semangat religius, dan melayani perdamaian di bidang-bidang seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, agama dan filosofi. Yayasan Perdamaian Niwano adalah organisasi amal yang diakui pemerintah. Kontribusinya dikurangkan dari pajak.

     SUMBER: Yayasan Perdamaian Niwano

     Kontak:
     (Bapak) Tadashi Takatani
     Yayasan Perdamaian Niwano
     Tel: +81-3-3226-4371
     Fax: +81-3-3226-1835
     E-mail: t.takatani@npf.or.jp
     URL: www.npf.or.jp/english/

 

Pewarta: Adityawarman
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011