Arab Saudi borong produk makanan RI 53,1 juta dolar AS di ajang TEI

Arab Saudi borong produk makanan RI 53,1 juta dolar AS di ajang TEI

Kementerian Perdagangan memfasilitasi penandatanganan lima nota kesepahaman (MoU) antara pelaku usaha Indonesia dengan mitra dagang asal Arab Saudi secara daring. ANTARA/ Biro Humas Kementerian Perdagangan/pri.

Para pelaku usaha Indonesia lainnya diharapkan akan mengikuti jejak kelima perusahaan Indonesia ini. Masih banyak peluang untuk membuka jalan ekspor ke Arab Saudi
Jakarta (ANTARA) - Arab Saudi memborong produk makanan RI hingga 53,1 juta dolar AS di ajang Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI-DE) 2021.

Untuk merealisasikan komitmen tersebut, Kementerian Perdagangan memfasilitasi penandatanganan lima nota kesepahaman (MoU) antara pelaku usaha Indonesia dengan mitra dagang asal Arab Saudi secara daring.

“Saya sampaikan penghargaan yang tulus kepada para pengusaha dari Indonesia dan mitra dagang dari Arab Saudi yang secara gigih terus tumbuh dan berkembang di tengah ekonomi global yang tidak pasti. Selain itu, hubungan ekonomi Indonesia dan Arab Saudi akan terus berkembang dan saling menguntungkan,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi lewat keterangannya di Jakarta, Senin.

Penandatanganan lima nota kesepahaman senilai 53,1 juta dolar AS untuk produk makanan dan minuman (mamin) meliputi sweetener, beras, tapioka, dan, buah pinang, di sela gelaran TEI-DE 2021 dan disaksikan secara daring oleh Didi Sumedi.

Penandatanganan MoU oleh pembeli dari Arab Saudi dilakukan di kantor Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah dengan disaksikan Konsul Jenderal RI Jeddah Eko Hartono dan Kepala Indonesian Trade Promotion Center Jeddah Rivai Abbas. Sementara pelaku usaha Indonesia melakukan penandatanganan di lokasi masing-masing.

Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono juga mengapresiasi upaya dan kerja keras kedua negara di tengah pandemi untuk peningkatan ekspor.

“Para pelaku usaha Indonesia lainnya diharapkan akan mengikuti jejak kelima perusahaan Indonesia ini. Masih banyak peluang untuk membuka jalan ekspor ke Arab Saudi,” tutur Eko.

Didi menyampaikan, pada TEI-DE hari ke-5, total nilai transaksi dagang tercatat sebesar 855,71 juta dolar AS.

“Nilai ini diharapkan akan terus bertambah. Kami juga berharap, para pelaku usaha di Arab Saudi dapat mengeksplorasi lebih jauh tentang produk ekspor Indonesia secara daring melalui TEI-DE 2021,” pungkas Didi.

Baca juga: RI-Jepang teken MoU dagang senilai 1,61 juta dolar AS di TEI
Baca juga: TEI 2021 peluang hidupkan kembali kontribusi RI di perdagangan global
Baca juga: Pameran perdagangan RI di Osaka promosikan komoditas siap ekspor


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar