Uang kripto catat arus masuk 10 minggu beruntun dipimpin Bitcoin

Uang kripto catat arus masuk 10 minggu beruntun dipimpin Bitcoin

Ilustrasi - Mata uang kripto, Bitcoin. ANTARA/Shutterstock/am.

Bitcoin mencapai tertinggi baru sepanjang masa menunjukkan seberapa jauh kita telah datang dan kapasitas Bitcoin telah menjungkirbalikkan sistem keuangan dan menciptakan ekonomi global...
New York (ANTARA) - Produk dan dana mata uang kripto menyedot rekor investasi hingga 1,5 miliar dolar AS minggu lalu, menandai arus masuk minggu ke 10 berturut-turut, karena melonjaknya optimisme menyusul diluncurkannya perdagangan ETF (exchange traded funds) Bitcoin, sebuah laporan dari manajer aset digital CoinShares menunjukkan pada Senin.

Arus masuk sejauh tahun ini telah mencapai 8 miliar dolar AS, jauh melebihi rekor yang ditetapkan untuk keseluruhan tahun 2020 sebesar 6,7 miliar dolar AS, data menunjukkan pada pekan yang berakhir 22 Oktober.

Total aset yang dikelola juga mencapai rekor baru 79,2 miliar dolar AS, meskipun berakhir di pekan tersebut di 76,7 miliar dolar AS.

Sebagian besar arus masuk untuk minggu keenam berturut-turut masuk ke Bitcoin, dengan 1,45 miliar dolar AS, data menunjukkan. Arus masuk ke mata uang kripto terbesar di dunia tahun ini berjumlah 6,1 miliar dolar AS.

ProShares Bitcoin Strategy ETF dan Valkyrie Bitcoin Strategy ETF memulai debutnya minggu lalu, momen yang menentukan bagi industri kripto yang diharapkan dapat menarik lebih banyak arus masuk dari investor institusi besar.

Itu mendorong Bitcoin ke puncak sepanjang masa di 67.016,50 dolar AS. Bitcoin terakhir naik 4,6 persen pada 63.682 dolar AS.

Baca juga: Nilai tukar Dolar merosot, Bitcoin capai rekor tertinggi

“Bitcoin mencapai tertinggi baru sepanjang masa menunjukkan seberapa jauh kita telah datang dan kapasitas Bitcoin telah menjungkirbalikkan sistem keuangan dan menciptakan ekonomi global, menghubungkan pasar negara maju dan berkembang tidak seperti sebelumnya,” kata Ray Youssef, salah satu pendiri dan CEO Paxful, platform fintech peer-to-peer global.

“Meskipun reli harga baru-baru ini dapat dikaitkan dengan pergerakan seperti persetujuan ETF Bitcoin pertama untuk investor institusi, kami tidak dapat mengabaikan dampak perkembangan dan adopsi yang signifikan di pasar negara berkembang,” tambahnya.

Ethereum, sementara itu, melihat arus keluar untuk minggu ketiga berturut-turut dengan total 1,4 juta dolar AS. CoinShares percaya bahwa arus keluar disebabkan oleh aksi ambil untung kecil karena harga mendekati rekor tertinggi. Ether, mata uang untuk blockchain Ethereum, terakhir ditukarkan pada 4,224,30 dolar AS, naik 3,5 persen.

Altcoin lainnya melihat arus masuk. Solana, Cardano dan Binance membukukan arus masuk masing-masing sebesar 8,1 juta dolar AS, 5,3 juta dolar AS dan 1,8 juta dolar AS.

Aset yang dikelola di Grayscale dan Coinshares, dua manajer aset digital terbesar, masing-masing naik minggu lalu menjadi 54,6 miliar dolar AS dan 5,2 miliar dolar AS.

Baca juga: CoinShares: Uang kripto catat aliran masuk delapan minggu beruntun

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ini lima fatwa baru MUI, di antaranya haramkan pinjol dan uang kripto

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar