Tidak ada katalis khusus di luar saham AS di level tertinggi
Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Jepang ditutup lebih tinggi pada perdagangan Selasa, didorong oleh optimisme laporan keuangan perusahaan-perusahaan dan mengikuti kenaikan Wall Street semalam yang membawa indeks Dow dan S&P 500 ke rekor tertinggi.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) terangkat 1,77 persen atau 505,60 poin​ menjadi berakhir di 29.106,01 poin, setelah melonjak pada pembukaan dan menahan kenaikan tersebut sepanjang sore.

Sementara itu, indeks Topix yang lebih luas naik 1,15 persen atau 22,98 poin menjadi menetap di 2.018,40 poin, dengan 31 dari 33 sektor membukukan kenaikan, dipimpin oleh reli 3,0 persen pada jasa pengiriman.

Saham-saham kelas berat termasuk Fast Retailing pemilik jaringan toko pakaian Uniqlo dan SoftBank Group masing-masing melonjak 5,0 persen dan 2,2 persen.

Di sisi lain, bank tergelincir 0,3 persen dan maskapai penerbangan sedikit berubah.

“Tidak ada katalis khusus di luar saham AS di level tertinggi,” kata seorang pelaku pasar di sebuah perusahaan sekuritas domestik.

Indeks berjangka e-mini AS menunjukkan kenaikan 0,3 persen pada pembukaan kembali untuk S&P 500, dan indeks saham Asia-Pasifik di luar Jepang juga lebih tinggi, yang selanjutnya mendukung sentimen.

Sebagian besar perusahaan S&P 500 akan melaporkan hasil keuangannya minggu ini, termasuk teknologi kelas berat Apple, Amazon, Microsoft, dan operator Google Alphabet, yang telah menjadi pendorong reli Wall Street tahun ini.

Sony Group terangkat 2,6 persen ke level tertinggi sejak 2000 menjelang hasil laporan keuangan kuartalan pada Kamis (28/10/2021).

"Sebelum musim laporan keuangan berjalan lancar, pasar fokus pada level 29.000 yang penting secara psikologis (untuk Nikkei), dan investor mungkin ingin mengambil sikap menunggu dan melihat di sana," kata pelaku pasar lain di perusahaan sekuritas domestik..

Keuntungan penting lainnya adalah Panasonic, mengumpulkan 5,6 persen setelah meluncurkan baterai prototipe untuk membantu pelanggan utama Tesla menurunkan biaya.

Perusahaan telekomunikasi NTT melambung 5,4 persen di tengah optimisme investor atas revisi strategi bisnis jangka menengah yang diungkapkan Senin (25/10/2021).

Pemasok Toyota Group, Denso, naik 2,9 persen menyusul kenaikan harga target oleh Nomura Securities. Toyota Motor menambahkan 1,7 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021