Kecamatan-kelurahan di Jakarta Selatan diwajibkan miliki posko bencana

Kecamatan-kelurahan di Jakarta Selatan diwajibkan miliki posko bencana

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Musim Penghujan Tingkat Kota di lapangan parkir bus pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Selasa (26/10/2021). ANTARA/HO-Sudin Kominfo Jakarta Selatan

wajib dilakukan mulai saat ini
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) Munjirin mewajibkan seluruh kecamatan dan kelurahan di daerah itu memiliki posko penanggulangan bencana saat menjelang musim hujan tiba.

"Untuk itu pembukaan posko-posko penanggulangan bencana di kecamatan dan kelurahan wajib dilakukan mulai saat ini, dengan unsur keterlibatan tiga pilar, PJLP dan 'stakeholder' lainnya," kata Munjirin saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Musim Penghujan Tingkat Kota di lapangan parkir bus pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Selasa.

Menurut Munjirin, antisipasi banjir dan genangan pada musim penghujan harus jadi perhatian khusus, terlebih lagi saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Munjirin mengatakan, apel tersebut digelar dalam rangka mewujudkan penanganan bencana secara terkoordinasi dan terpadu dalam rangka kesiapsiagaan dalam menghadapi musim penghujan di wilayah Jakarta Selatan 2021 dan 2022.

Baca juga: DKI Jakarta klaim telah lakukan langkah strategis pengendalian banjir

Munjirin juga berterima kasih kepada unsur pimpinan dan personel SKPD, UKPD, TNI, Polri, unsur terkait, serta organisasi kemasyarakatan yang turut serta secara aktif dalam penanganan setiap bencana, khususnya di Jakarta Selatan.

Dia menambahkan, penanganan bencana mesti diberikan pelayanan yang cepat, baik dan tuntas terutama kepada masyarakat terkena dampak bencana.

"Sesuai harapan Gubernur DKI Jakarta, apabila terjadi genangan akan surut dalam waktu enam jam setelah hujan berhenti," katanya.

Dalam apel tersebut turut hadir Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah dan Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Inf Jamaluddin.

Baca juga: Jakarta Selatan gerebek lumpur di Kali Grogol untuk antisipasi banjir

Sementara peserta apel total ada 130 personel dari SKPD/UKPD terkait di lingkup Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, relawan, PMI, TNI, Polri, PLN, BPBD, Palyja, PPSU dan Dompet Dhuafa.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wagub Riza ingatkan warga DKI bersiap hadapi banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar