Solo (ANTARA) - Persebaya Surabaya menundukkan Persija Jakarta dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa malam.

Pertandingan Persija melawan Persebaya berjalan menarik karena kedua kesebelasan tersebut menampilkan permainan cepat meski kondisi lapangan agak licin sehabis hujan gerimis.

Pada babak pertama Persija mengambil inisiatif serangan untuk bisa mengalahkan tim asal Surabaya itu, karena kedua tim dalam pertemuan terakhir selalu dimenangkan Persebaya.

Peluang Persija terjadi pada menit 14 melalui sundulan kepala pemain depannya, Marko Simic, tetapi sayang datangnya bola agak lemah sehingga dapat  ditangkap kiper Persebaya, Andhika Ramadhani.

Namun Persebaya justru yang mampu membobol gawang Persija pada menit 25 melalui pemain asal Jepang Taisai Marukawa, yang lolos sendiri dan mampu mengecoh kiper Andritany, sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Persebaya.

Persebaya mendapat peluang menambah gol pada menit 37 melalui pemain asingnya, Jose Wilkson, tetapi tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih dapat ditangkap kiper Andritany.

Persebaya kembali mendapat peluang pada menit 40 melalui Akbar Firmansyah, yang lolos melewati dua pemain belakang Persija, dan tinggal berhadapan dengan Andritany. Namun bola mengarah tipis ke samping kiri gawang Persija. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Persebaya bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga: Persija siapkan skuad terbaik hadapi Persebaya

Memasuki babak kedua, kedua tim kembali saling menyerang, saat Persija terus menekan ingin menyamakan kedudukan, sedangkan Persebaya juga ingin memantapkan kemenangan dengan menambah gol.

Persija terus menekan pertahanan lawan dan menguasai permainan, tetapi serangan  tekanan mereka masih sulit menembus pertahanan Persebaya.

Satu satunya peluang emas untuk Persija terjadi pada menit 59 melalui sundulan kepala Marko Simic, tetapi bola mampu ditepis kiper Andhika Ramadhani sehingga belum mengubah kedudukan tetap bertahan 1-0 untuk keunggulan Persebaya, hingga babak kedua usai.

Wasit yang memimpin pertandingan Faulur Rosy asal Nanggroe Aceh mengeluarkan tiga kartu kuning untuk Reva Adi Utama (Persebaya), Marco Motta dan Riko DSimanjutak (Persija).

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso usai pertandingan mengatakan terima kasih kepada pemainnya yang mampu memenangkan pertandingan dan merebut tiga poin atas Persija.

"Pemain Persebaya Rendi Irwan Saputra kami turunkan karena stok pemain sektor tengah kurang pemain karena lainnya pemain mudah yang kurang pengalaman. Mental pemain bagus melawan Persija dan mereka yakin dan percaya kekompakan tim solid dan bisa menang," kata Aji Santoso.

Menurut Aji pemain penyerang Persebaya Jose Wilkson bermain luar biasa mendapat dua peluang tetapi tidak menghasilkan gol.

Sementara itu pelatih Persija Jakarta Angelo Alessio mengatakan Persija pantas kalah dalam pertandingan itu karena lawan bermain cukup baik dan timnya kurang motivasi menang. Timnya pada babak kedua mampu mendapatkan beberapa peluang tetapi tidak menghasilkan gol karena lawan solid di pertahanan.

"Kami akan memperbaiki timnya untuk fokus pada pertandingan selanjutnya," katanya.

Baca juga: Persib Bandung sukses berikan kekalahan perdana PSIS di Liga 1
Baca juga: Menpora-PSSI: Butuh waktu hadirkan penonton di stadion Liga 1 dan 2

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021