Palangka Raya (ANTARA News) - Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palangka Raya menyatakan, dalam waktu dekat akan melaksanakan razia pegawai negeri sipil (PNS) yang membolos pada jam kerja.

"Kami akan berusaha meningkatkan disiplin PNS dalam bekerja, salah satunya adalah melalui razia untuk pegawai yang keluyuran pada saat jam dinas," kata Kepala Satpol PP Palangka Raya, Basirun Sulang, di Palangka Raya, Kamis.

Menurutnya, razia tersebut akan dilaksanakan secara tiba-tiba, jadi tidak ada yang tahu kapan waktu pelaksanaannya.

Ia mengatakan, razia terhadap PNS yang keluyuran semata-mata sebagai upaya meningkatkan disiplin agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara optimal, dan target lokasi adalah pusat-pusat keramaian.

"Kami sudah memberikan peringatan sebelumnya, jadi kalau masih ada yang suka keluyuran maka jangan salahkan Satpol PP apabila melakukan penertiban," ucapnya.

Pihaknya menjelaskan, bagi PNS yang tertangkap basah saat sedang kelayapan pada saat jam kerja akan langsung dibawa ke Kantor Satpol PP untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya, para PNS tersebut akan didata dan diserahkan kepada pimpinannya masing-masing untuk memberikan sanksi tegas sesuai peraturan perundang-undangan, yang sekiranya dapat memberi efek jera.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh PNS jajaran Pemkot Palangka Raya agar tidak keluyuran pada jam kerja.

Sebelumnya, Satpol PP Palangka Raya juga telah menjaring puluhan pelajar yang membolos sekolah, baik itu dari tingkat SMP dan SMA.

"Kami akan selalu berusaha melakukan penertiban semaksimal mungkin, agar sumber daya manusia Palangka Raya bisa terus meningkat khususnya dari segi disiplin," ujarnya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011