Jakarta (ANTARA) - Ratu Elizabeth dikonfirmasi tidak akan menghadiri Konferensi Perubahan Iklim COP26 Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Glasgow, sebagaimana dilaporkan People, Rabu.

Menurut pernyataan dari Istana Buckingham, Ratu Elizabeth mengikuti saran dokter untuk beristirahat dan melakukan tugas ringan di Kastil Windsor.

"Dengan menyesal, Yang Mulia memutuskan tidak akan melakukan perjalanan ke Glasgow untuk menghadiri resepsi malam COP26 pada Senin, 1 November," kata pihak istana.

Baca juga: Ratu Elizabeth pulang ke rumah setelah dirawat di RS

Baca juga: Ratu Elizabeth diminta istirahat oleh dokter


"Yang Mulia kecewa tidak dapat hadir, tapi akan menyampaikan pidato kepada delegasi yang berkumpul melalui rekaman video," lanjutnya.

Rabu lalu, Ratu Elizabeth juga membatalkan perjalanan ke Irlandia Utara untuk merayakan hari jadi ke-100 tahun negara tersebut karena dianjurkan istirahat oleh dokter.

Keesokan harinya, Ratu Elizabeth dilaporkan dirawat di rumah sakit.

"Mengikuti saran medis untuk beristirahat beberapa hari, Ratu pergi ke rumah sakit pada Rabu sore dan kembali ke Kastil Windsor saat makan siang hari ini dan tetap dalam semangat yang baik," kata pihak istana dalam pernyataannya Kamis, (21/10), waktu setempat.

Sementara itu, Pangeran Charles dan Pangeran William diperkirakan masih akan melakukan perjalanan ke Glasgow untuk mewakili para bangsawan dan mendesak para pemimpin dunia untuk bergabung bersama mereka dalam menghadapi krisis iklim global.

Baca juga: Ratu Elizabeth dikabarkan sewa pengacara hadapi Pangeran Harry-Meghan

Baca juga: Ratu Elizabeth doakan timnas Inggris berhasil

Baca juga: Ratu Elizabeth peringati hari ulang tahun ke-95 usai pemakaman Philip

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021