Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan membantu Timor Leste menjadi anggota asosiasi negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), kata Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Luar Negeri, Tengku Faizasyah.

"Indonesia mendukung secara penuh keanggotaan Timor Leste ke ASEAN dan akan menggunakan masa keketuaan kita di ASEAN untuk mengarahkan dapat diterimanya Timor Leste sebagai anggota ASEAN," kata Faizasyah setelah mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Meteri Luar Negeri Timor Leste, Zacarias Da Costa di kantor kepresidenan, Jakarta, Kamis.

Faizasyah juga menegaskan, Presiden Yudhoyono akan melakukan upaya diplomasi dan berupaya memastikan bahwa negara tetangga Indonesia itu bisa bergabung dalam ASEAN.

Menurut dia, Indonesia sudah menempuh sejumlah proses untuk membantu Timor Leste menjadi bagian dari ASEAN. Dia menyebut, pendirian sekretariat ASEAN di negara itu sebagai salah satu upaya tersebut.

"Itu adalah kontribusi pemerintah Indonesia untuk memastikan pada waktunya nanti, Timor Leste menjadi anggota ASEAN, infrastrukturnya sudah ada di sana, sudah siap, hingga dengan demikian, keanggotaannya dapat direalisasikan," katanya.

Dalam pertemuan dengan Presiden Yudhoyono, kata Faizasyah, menteri Da Costa juga menyampaikan akan menghadiri pertemuan tingkat menteri di Indonesia.

Da Costa akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. Pertemuan itu akan berlangsung dua hari, sejak Kamis (3/3).

"Pertemun pada tingkat menteri tersebut akan dimanfaatkan untuk menyiapkan materi substansi pertemuan pada tingkat kepala negara," katanya.

Faizasyah membenarkan, Presiden Yudhoyono dan Perdana Menteri Xanana Gusmao akan menggelar pertemuan bilateral pada 22 Maret 2011.

Kedua pemimpin itu akan membahas berbagai hal terkait hubungan kedua negara dalam pertemuan bilateral itu.

Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa juga menyatakan, Indonesia mendukung upaya Timor Leste untuk bergabung di ASEAN.

Menurut Marty, Da Costa segera menyampaikan draf pendaftaran secara resmi. Kepada Presiden Yudhoyono, kata Marty, Da Costa juga menyerahkan surat dari Presiden Ramos Horta tentang minat untuk menjadi anggota ASEAN.

Indonesia juga membantu Timor Leste menyusun konsep keanggotaan ASEAN. Konsep itu meliputi bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.

(F008*D013/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011