Sri Mulyani harapkan lulusan PKN STAN jaga integritas dan profesional

Sri Mulyani harapkan lulusan PKN STAN jaga integritas dan profesional

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

Jadilah pengelola keuangan negara yang bisa dipercaya, yang kompeten, yang memiliki ilmu, dan memiliki karakter yang baik, yang menjaga Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengharapkan wisudawan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN dapat menguatkan tekad untuk menjadi penjaga keuangan negara yang berintegritas dan profesional.

"Jadilah pengelola keuangan negara yang bisa dipercaya, yang kompeten, yang memiliki ilmu, dan memiliki karakter yang baik, yang menjaga Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara," kata Sri Mulyani dalam sambutan Wisuda Akbar PKN STAN di Jakarta, Rabu.

Ia juga berpesan agar lulusan PKN STAN ini untuk tidak berpuas diri dan mampu menguasai bidang keilmuan dan teknik keuangan negara yang telah dipelajari selama masa pendidikan, agar dapat diaplikasikan dalam dunia kerja secara profesional.

"Ilmu anda merupakan ilmu awal, namun menjadi dasar dalam pembentukan profesionalisme kalian kedepan," kata Sri Mulyani.

Ia juga mengharapkan para lulusan dapat selalu menjadi yang terbaik dan menjadi sumber daya manusia yang dapat mengurus Indonesia dalam bidang keuangan negara.

Sri Mulyani mengingatkan bahwa lulusan PKN STAN tahun ini dapat menggunakan kondisi pandemi COVID-19 sebagai tonggak dalam kehidupan dan memiliki sikap yang tangguh.

"Krisis tidak membuat kita menyerah. Krisis justru membuat kita semakin kuat, yaitu bagaimana kita mengurus keuangan negara untuk bisa terus menyelamatkan Indonesia dari COVID dan meneruskan upaya kita mencapai cita-cita kemerdekaan," katanya.

Ia juga meminta agar semangat sinergi dan kolaborasi, integritas, serta profesionalisme yang telah dikembangkan selama masa pendidikan dapat terus dipupuk, ditingkatkan, dan diterapkan dalam pekerjaan nanti.

"Meskipun belajar sebagian dalam bentuk daring, tidak berarti kalian hanya belajar tentang ilmu pengetahuan serta mendapatkan IP, tapi kalian juga belajar dalam bentuk softskill. Melalui penugasan, kalian terbiasa untuk bersinergi, saling mendengar, membuat teamwork," ujarnya.

PKN STAN menyelenggarakan kegiatan Wisuda Akbar bagi 4.859 lulusan yang berasal dari 15 program studi secara daring dengan lokasi peserta tersebar di seluruh Indonesia.

Wisuda Akbar Tahun 2021 ini mengusung tema Drasthaprana yang merupakan sebuah akronim dari Derai Dekap Semesta Bak Pengabdian Karya Tuk Gelora Sang Cakrabuana.

Tema ini mengandung harapan bahwa wisudawan PKN STAN dapat beradaptasi dengan dinamika negeri laksana mahkota seorang pemimpin dalam sebuah pengabdian yang bijaksana dan toleran.

Dari 15 program studi, para lulusan terbaik dari masing-masing jurusan rata-rata mencatatkan IPK tertinggi 3,9.

Baca juga: Sri Mulyani: Kemenkeu salurkan SDM berkompeten kelola uang negara

Baca juga: Sri Mulyani ingin mahasiswa PKN STAN tanamkan integritas sejak dini

Baca juga: Sri Mulyani dorong reformasi PKN STAN ikuti globalisasi


 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sri Mulyani: Kenaikan konsumsi & produksi bekal pemulihan 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar