Ormas Jakarta deklarasikan jaga keamanan Ibu Kota pada 2024

Ormas Jakarta deklarasikan jaga keamanan Ibu Kota pada 2024

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengukuhkan kepengurusan Forum Lintas Ormas dengan Ketua KH. Zaini Achmad dan Sekretaris Jenderal Juaini Yusuf, di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/10/2021). ANTARA/Ricky Prayoga

tujuan menjaga suasana kondusif Ibu Kota
Jakarta (ANTARA) - Ribuan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Jakarta melalui Forum Lintas Ormas (FLO) mendeklarasikan untuk menjaga keamanan Jakarta pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Deklarasi ini sekaligus pengukuhan KH. Zaini Achmad sebagai ketua dan Juaini Yusuf sebagai sekretaris jenderal di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, dengan tema "Bersama Forum Lintas Ormas Provinsi DKI Jakarta, Kita Jaga Jakarta Tetap Aman, Nyaman dan Kondusif".

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang hadir di lokasi menyampaikan bahwa dengan bersatunya Ormas di Jakarta, diharapkan bisa memberi dampak pada perkembangan dan suasana kondusif Jakarta.

"Ini kan forum lintas ormas. Harapan kita, ormas bisa bersatu kompak agar Jakarta makin maju kotanya, makin bahagia warganya dengan cara gotong royong membantu masyarakat," kata Riza.

Juaini Yusuf menyebut bahwa FLO ini dibentuk atas dasar permintaan dari beberapa elemen terutama, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yakni pimpinan dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan juga Kejaksaan Tinggi Jakarta.

Baca juga: Wali Kota Jakut ingin FKDM menyinergikan tupoksi dengan ormas

"Mengingat situasi ke depan yang akan menjadi hajat besar Pemilu Serentak 2024 termasuk di Jakarta. Karenanya dibentuklah FLO DKI untuk menjalin silaturahmi antara ormas yang ada di DKI Jakarta dengan tujuan menjaga suasana kondusif Ibu Kota," kata Juani.

Tujuan besarnya, kata Wakil Walikota Jakarta Utara ini, dengan adanya FLO ini seluruh Ormas yang ada di Jakarta bisa guyub dan bersatu dalam menjaga Jakarta aman dan tentram serta kondusif.

"Karena Jakarta sebagai Ibu Kota Negara banyak kantor pemerintahan dan kedutaan. Tentunya kita harus menjaga stabilitas supaya tetap aman dan ekonomi Indonesia bisa aman terkendali," ujarnya.

Dia menyebutkan, menurut catatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta, ada sekitar 8.000 ormas di Ibu Kota, tapi untuk sementara yang tergabung dalam FLO ini baru sekitar 1.000 ormas.

"Ke depan, kami akan ajak lagi bergabung, kita buatkan di notaris," tuturnya.

Baca juga: Polisi tangkap belasan anggota ormas di Jagakarsa

Pantauan ANTARA, menyebutkan, banyak karangan bunga untuk menyambut deklarasi ini, seperti dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, wali kota dan anggota DPD untuk DKI Fahira Idris serta tokoh masyarakat lainnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ormas ramai-ramai laporkan kasus hoaks

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar