Jakarta (ANTARA) - Tersedianya banyak platform media membuat setiap orang berkesempatan menjadi kreator konten.

Kendati demikian, terdapat pakem-pakem yang harus diketahui oleh kreator konten yang baru merintis agar bisa bersaing dengan mereka yang sudah berpengalaman.

"Para masyarakat yang ingin menjadi konten kreator sukses, mereka harus terlebih dahulu melihat target pasar mereka dan mereka juga harus mengetahui pasar yang dituju apakah menyukai video berdurasi pendek atau panjang. Itu penting," ungkap Director Entertainment Partnership Facebook, Revie Sylviana pada saat virtual "Facebook Luncurkan Hari Konten Kreator", Rabu.

Baca juga: Facebook laporkan kenaikan laba di tengah kontroversi

Dalam hal ini, Facebook sudah memiliki pengguna aktif bulanan lebih dari 2.7 miliar. Sehingga, masih banyak pasar yang bisa dirangkul para konten kreator baru untuk bisa menghasilkan masa di Facebook dan juga Instagram dengan karya-karya terbaiknya.

Dalam kesempatan yang sama, hadir juga konten kreator Nazneen Judge yang sudah melanglang buana di dunia kreator konten dengan berbagai ide menarik yang sudah disuguhkan. Menurut dia, para konten kreator harus tahu video yang dibuat untuk konsumsi publik atau untuk pribadi.

"Pada dasarnya mereka (para konten kreator) harus tahu nantinya video yang dibuat untuk publik atau hanya untuk dikonsumsi sendiri di chanel-nya," kata dia.

"Kalau nantinya akan serius, mereka harus memikirkan set dari kamera, pencahayaan, dan juga editing yang nantinya akan menjadi ciri khas mereka," tambah dia.

Selain itu semua, para konten kreator yang baru juga harus membenahi feed Instagram mereka. Sehingga nantinya akan selaras dengan konten-konten yang akan mereka fokuskan.

Selain Nazneen Judge, hadir juga Trevor James--the Food Ranger yang sering mengulik kuliner dari seluruh dunia. Dikatakan bahwa seorang yang ingin berkecimpung menjadi konten kreator harus fokus dan selalu menghadirkan ide menarik untuk penonton.

"Kalian harus memilih konten yang anda sukai itu penting, ketika anda suka nantinya anda akan menciptakan sebuah tontonan yang menarik perhatian," kata dia. "Selain itu, anda juga harus konsisten membuat video jangan pernah bosan."

Saat ini, peluang untuk menjadi konten kreator masih terbuka luas. Pasalnya, media-media pendukung juga banyak bermunculan untuk menampung para konten kreator berkreasi sesuai dengan ide dan konsep yang menarik.

The Food Ranger dari Malaysia dan Nazneen Judge dari Indonesia, adalah dua kreator konten yang telah sukses membangun karir mereka sebagai kreator di Facebook dan Instagram dengan berbagai strategi monetisasi.

Baca juga: Facebook dan Instagram akan rayakan "Hari Kreator"

Baca juga: Facebook dikritik karena potensi memicu kerusuhan

Baca juga: Facebook dan YouTube hapus video presiden Brasil karena hoaks vaksin

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021