Jakarta (ANTARA) - Menjelang Malam Anugerah Piala Citra yang akan digelar pada 10 November 2021, Komite Festival Film Indonesia (FFI) mengumumkan nama-nama juri tahap akhir.

"Buat saya FFI tahun ini adalah FFI kedua yang dilaksanakan saat pandemi setelah tahun sebelumnya. Kami juga preskon di tengah kondisi cuaca yang rintik-rintik tapi apapun kondisinya kami akan tetap seperti ini, jalan sampai selesai. Kami sambut dulu ada pengumuman penting, siapa saja juri-juri serta kategori yang kembali hadir," ujar Reza Rahadian selaku Ketua Komite Festival Film Indonesia dalam jumpa pers pada Rabu.

Dewan Juri Akhir terbagi dalam juri akhir film cerita panjang, juri akhir film non cerita panjang (film cerita pendek, animasi panjang, animasi pendek, dokumenter panjang, dan dokumenter pendek), dan kritik film.

Dewan Juri Akhir merupakan perwakilan ekosistem perfilman Indonesia dengan beragam latar belakang profesi yang dipilih oleh Komite FFI 2021 berdasarkan masukan dan rekomendasi dari asosiasi.

Dewan Juri Akhir yang berjumlah total 28 orang akan berembuk untuk menentukan pemenang 23 kategori penghargaan hingga awal November 2021. Mereka terdiri dari 15 juri film cerita panjang, tiga juri film cerita pendek, empat juri film animasi panjang dan animasi pendek, tiga juri film dokumenter, dan tiga juri untuk kategori kritik film.

Dewan Juri Akhir bertugas menentukan satu pemenang dari seluruh nominasi yang telah diumumkan di Dome Park Senayan pada 10 Oktober 2021 lalu.

Daftar nominasi merupakan hasil seleksi dan penjurian yang telah dilakukan oleh 54 juri nominasi perwakilan dari asosiasi-asosiasi profesi perfilman, yang terdiri dari 45 juri nominasi untuk kategori film cerita panjang dan sembilan orang juri nominasi untuk kategori film non cerita panjang. Mereka telah bekerja sejak 15 September hingga 5 Oktober 2021.

Dewan Juri Akhir untuk film cerita panjang terdiri dari Aghi Narottama, Allan Sebastian, Arturo G.P., Ernest Prakasa, Faozan Rizal, Hikmat Darmawan, Joko Anwar, Karsono Hadi, Niniek L. Karim, Putut Widjanarko, Rayya Makarim, Rukman Rosadi, Sheila Timothy, Tommy F. Awuy dan Wina Armada.

Untuk juri film cerita pendek terdiri dari Ajeng Prameswari, Budi Irawanto, dan Edo Wulia. Juri film animasi panjang terdiri dari Chandra Endroputro, Daryl Wilson, dan Wahyu Aditya. Juri film animasi pendek terdiri dari Chandra Endroputro, Ryan Adriandhy, dan Wahyu Aditya.

Juri film dokumenter terdiri dari Dudit Widodo, Dwi Sujanti Nugraheni, dan Tonny Trimarsanto. Juri kritik film terdiri dari Hariyadi, Panji Wibowo, dan Sazkia Noor Anggraini.

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia akan diadakan pada 10 November 2021. Acara ini sengaja digelar bertepatan dengan Hari Pahlawan dalam rangka mendukung Bapak Perfilman Indonesia, Usmar Ismail, sebagai pahlawan nasional.

Acara Malam Anugerah Piala Citra akan disiarkan langsung melalui Kompas TV, serta kanal YouTube Festival Film Indonesia dan Kemendikbudristek RI.

Baca juga: Yayan Ruhian, Adipati Dolken & Donny Damara ada di "Penyalin Cahaya"

Baca juga: Garin Nugroho: FFI upaya bangun ekosistem perfilman

Baca juga: "Penyalin Cahaya" & "Ali & Ratu Ratu Queens" borong nominasi FFI 2021


 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021