Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menargetkan capaian vaksinasi di daerah itu bisa mencapai 70 persen dari sasaran 4,4 juta jiwa pada akhir tahun 2021 dengan sejumlah upaya yang dilakukan secara berkelanjutan.

"Saat ini capaian vaksinasi kita 32,4 persen, masih di bawah capaian nasional dengan peringkat 31 dari 34 provinsi. Peringkat itu sudah naik dari awalnya posisi 33. Kita akan upayakan akhir tahun ini bisa naik menjadi 70 persen," kata Sekretaris Daerah Sumbar, Hansastri di Padang, Rabu.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan capaian vaksinasi itu adalah dengan menggelar gerakan Sumdarsin atau Sumbar Sadar Vaksin pada Sabtu (30/10) dengan target 100 ribu sasaran.

Baca juga: Pemkot Payakumbuh larang ASN belum divaksin ke kantor
Baca juga: Percepat capaian target, PKS Sumbar gelar vaksinasi massal COVID-19

Gerakan tersebut memanfaatkan momentum antusiasme masyarakat Sumbar yang saat ini cukup tinggi. Laju vaksinasi di Sumbar saat ini rata-rata 8-10 ribu per hari. Pada 26-27 Oktober 2021 bahkan mencapai 34 ribu per hari.

"Kebetulan pula dalam waktu dekat akan ada peringatan beberapa hari besar diantaranya Sumpah Pemuda, Hari Bela Negara, Hari Pahlawan, Hari Kesehatan Nasional sehingga diharapkan semangat masyarakat untuk divaksin semakin tinggi," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi menambahkan gerakan tersebut didukung penuh oleh Polda Sumbar, unsur TNI dan unsur lainnya.

"Polri bersedia membantu menyediakan tenda, hiburan dan doorprize untuk memotivasi masyarakat. Sementara Pemerintah Daerah bertugas untuk memobilisasi massa supaya ikut vaksinasi," ujarnya.

Baca juga: Polda Sumbar mengejar capaian vaksinasi COVID-19
Baca juga: Gubernur Sumbar minta kendala vaksinasi di daerah dipetakan

Ia menyebut Pemprov Sumbar mengumpulkan siswa SMA dan SMK di sekolah masing-masing pada hari H. Vaksinasi itu sekaligus sebagai persiapan untuk pembelajaran tatap muka.

Sementara Kabupaten dan Kota hingga Nagari dan jorong diminta mengerahkan massa ke titik vaksinasi

Ia berharap seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi demi suksesnya gerakan Sumbar Sadar Vaksin.

"Kalau berhasil, kita akan lakukan secara berkelanjutan," ujarnya.

Baca juga: Vaksinasi ketiga nakes di Sumbar agar lebih imun dari COVID-19

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021