Jakarta (ANTARA) - Juventus dipecundangi Sasuolo akibat kebobolan gol larut dan menelan kekalahan 1-2 dari tamunya itu dalam laga pekan kesepuluh Liga Italia di Stadion Allianz, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Juventus yang tertinggal hingga turun minum akibat gol Davide Frattesi sepertinya akan berbagi poin setelah menyamakan kedudukan melalui Weston McKennie.

Namun, tim besutan Massimiliano Allegri itu lengah dalam menit-menit injury time dan kebobolan gol Maxime Lopez sehingga harus mengakui keunggulan tamunya.

Hasil itu membuat Juventus yang gagal menambah raihan 15 poin turun ke urutan ketujuh klasemen, hanya unggul satu poin atas Sassuolo yang naik ke posisi kesembilan dengan 14 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Baca juga: Allegri nilai kemenangan atas Sassuolo penting untuk Juventus

Juventus sebetulnya bermain lebih dominan sejak sepak mula dan nyaris membuka keunggulan ketika umpan silang Mattia de Sciglio terlalu tajam dan mengarah ke gawang, sayang kiper Andrea Consigli cukup jeli untuk mementahkan bola ke atas mistar.

Lantas pada menit ke-38 Paulo Dybala sukses menaklukkan Consigli saat menyelesaikan umpan Manuel Locatelli, sayang bola sepakannya berakhir membentur tiang gawang.

Juve menekan lagi dan pada menit ke-41 Federico Chiesa sukses lolos dari jebakan offside, sayang tembakannya terlalu tinggi di atas mistar gawang.

Kegagalan itu harus dibayar mahal sebab tiga menit kemudian lini belakang Juve gagal mengantisipasi umpan terobosan Gregorie Defrel yang disambut dengan ketenangan Frattesi menyarangkan bola ke gawang tuan rumah demi membuka keunggulan Sassuolo.

Baca juga: Sassuolo bekap Venezia, Empoli bawa pulang tiga poin dari Salernitana

Tuan rumah memasuki babak kedua dengan ambisi untuk menyamakan kedudukan dan nyaris mendapatkannya pada menit ke-57 bila saja bola tembakan Juan Cuadrado tak disapu oleh Kaan Ayhan sebelum melewati garis gawang.

Setelah banyak peluang terbuang, gol yang diburu Juventus akhirnya tercipta pada menit ke-76 saat McKennie bisa melompat lebih tinggi di antara bek Sassuolo untuk menyambut umpan silang apik kiriman Dybala demi mengubah kedudukan jadi 1-1.

Sayangnya, Juve gagal memanfaatkan momentum kebangkitan itu untuk membalikkan keadaan dan sepertinya harus puas hanya berbagi satu poin, sebelum tiba-tiba justru Sassuolo yang merengkuh tiga poin penuh lewat gol yang dicetak Lopez pada menit keempat injury time.

Berawal dari kelengahan lini belakang Juve, Lopez menerobos sendirian ke dalam kotak penalti sebelum memperdaya kiper Mattia Perin dengan tendangan lob yang bersarang ke dalam gawang tuan rumah, mengunci kemenangan dramatis 2-1 bagi Sassuolo.

Sassuolo tentu akan membawa kemenangan ini jadi suntikan kepercayaan diri saat mereka menjamu Empoli di Stadion Mapei pada Minggu (31/10), sehari setelah Juve berusaha bangkit dari keterpurukan di Marc'Antonio Bentegodi menghadapi Verona.

Baca juga: Kejaksaan federal Italia selidiki sejumlah transfer pemain Serie A
Baca juga: Inter Milan berbagi poin dengan Juventus di Derby Italia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021