Jakarta (ANTARA) - Borussia Moenchengladbach membantai Bayern Muenchen lima gol tanpa balas demi melangkah menuju babak 16 besar Piala DFB Pokal seusai menang 5-0 dalam laga putaran kedua di Stadion Borussia Park, Jerman, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Ramy Bensebaini dan Breel Embolo sama-sama mengemas dwigol ke gawang Bayern menyusul gol pembuka keunggulan Gladbach yang dicetak oleh Kouadio Kone, demikian catatan laman resmi DFB.

Sama-sama menurunkan sebagian besar pemain utama di pertandingan ini, Gladbach sukses membuka keunggulan lewat serangan pertama mereka yang diakhiri sepakan akurat Kone di dalam kotak penalti.

Gol itu seperti menyuntik kepercayaan diri yang besar bagi para pemain Gladbach yang terus membombardir pertahanan tamunya dan sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-15 melalui sepakan keras Bensebaini menyelesaikan umpan tarik Embolo.

Petaka bagi Bayern berlanjut saat wasit Tobias Stieler tanpa ragu menunjuk titik putih lima menit kemudian menyusul insiden perebutan bola udara yang berakhir dengan lutut Hernandez mengenai kepala Embolo di dalam kotak terlarang.

Bensebaini yang jadi algojo dengan dingin memperdaya kiper Manuel Neuer untuk menambah keunggulan Gladbach jadi 3-0 pada menit ke-21.

Bayern berusaha bangkit tapi nyaris tak ada peluang yang membuat gawang Gladbach begitu terancam hingga turun minum.

Baca juga: Bayern cetak selusin gol lawan tim strata kelima Bremer di DFB Pokal

Kiper Yann Sommer baru dipaksa bekerja pada menit ke-49 saat ia dengan cermat membaca bola tembakan jarak jauh Leon Goretzka yang sempat berbelok membentur pemain Gladbach sebelum ditepis dari sasaran.

Dua menit kemudian Gladbach malah memperlebar marjin keunggulan mereka jadi 4-0 saat Embolo mengolongi Neuer dengan tembakan volinya seusai memenangi duel bola panjang kiriman Nico Elvedi dengan Dayot Upamecano.

Lantas pada menit ke-57, Embolo mencetak gol keduanya setelah menerima umpan Luca Netz dan menaklukkan Neuer dengan sepakan menyilang yang bersarang ke pojok kanan bawah gawang Bayern. Gladbach lima, Bayern nol.

Bayern sebetulnya menciptakan begitu banyak peluang untuk mencetak gol balasan tetapi tak satu pun membuahkan hasil termasuk sepakan keras Serge Gnabry yang bisa ditepis oleh Sommer pada menit ke-60.

Baca juga: Gnabry dan Musiala absen latihan

Lantas pada menit ke-68 Josip Stanisic membuang sia-sia ruang tembak terbuka setelah menerima umpan dari Kingsley Coman dengan sepakan yang melambung tinggi di atas mistar gawang.

Dewi Fortuna tampaknya memang berpaling dari Bayern di laga kali ini sebab pada menit ke-77 Corentin Tolisso berdiri bebas untuk menyambut umpan silang Joshua Kimmich, tapi tandukannya masih membentur mistar gawang.

Sesudahnya, Gladbach sukses menjaga keunggulan 5-0 hingga peluit tanda bubaran terdengar, memaksa Bayern menelan kekalahan paling telak yang pernah mereka rasakan dalam DFB Pokal, bertolak belakang dari kemenangan 12-0 yang mereka bukukan saat menghadapi tim strata kelima Bremer SV bulan lalu.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, FC Cologne sukses melangkah ke 16 besar seusai mengalahkan VfB Stuttgart 2-0 dalam lawatan ke Mercedes-Benz Arena.

Sedangkan Hannover 96 mampu menyisihkan sesama tim kasta kedua Fortuna Duesseldorf seusai menang 3-0 di kandangnya sendiri di HDI Arena.

Baca juga: Union Berlin dipaksa mainkan babak tambahan lewati tim kasta ketiga
Baca juga: Leverkusen disingkirkan tim strata kedua Karlsruher dari DFB Pokal
Baca juga: Dwigol Thorgan Hazard antar Dortmund melenggang ke 16 besar DFB Pokal

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021