Jakarta (ANTARA) - Layanan audio Spotify memperbarui hub Wellness-nya, memberikan sejumlah kiat dan panduan bagi pendengar untuk memulai kebiasaan hidup sehat.

"Lewat hub yang sudah di-update ini, para pendengar kini dapat memiliki akses yang lebih baik dan mudah ke beragam koleksi konten terkait wellness untuk membantu mereka semakin terhubung dengan diri sendiri dan memprioritaskan kesehatan mental dan fisik mereka," kata Spotify Indonesia melalui keterangannya, Kamis.

Hub ini akan muncul ketika pengguna membuka aplikasi Spotify di ponsel, dan mendorong mereka untuk beristirahat sembari mendengarkan pilihan playlist dan podcast yang membangkitkan semangat, insightful, dan menenangkan.

Spotify berkolaborasi dengan pakar di bidang wellness, Vanessa Budihardja-Barus, untuk membagikan beberapa saran tentang bagaimana memulai kebiasaan yang lebih sehat dengan ditemani konten audio yang dapat membantu melepaskan penat.

Baca juga: Album baru Drake berhasil pecahkan rekor di Apple Music dan Spotify

Baca juga: Spotify uji coba paket terbarunya "Spotify Plus"

Berikut adalah empat rekomendasi dari Vanessa.

Lima menit di pagi hari
Meskipun terdengar klise, meluangkan beberapa menit di pagi hari untuk bermeditasi sangat membantu dalam menyelaraskan pikiran kita sebelum memulai hari.

"Pasang suara-suara yang menenangkan, seperti suara alam, suara latar, atau musik instrumental untuk membantu tetap rileks namun tetap fokus saat bermeditasi. Jangan lupa siapkan tempat yang nyaman untuk menjernihkan pikiran agar merasa lebih tenteram dengan lingkungan sekitar," kata Vanessa.

Bergerak
Saat memikirkan tentang olahraga, kita berpikir tentang gerakan-gerakan yang memompa jantung, atau yang membuat kita berkeringat dan melelahkan.

Meskipun hal itu yang mungkin memang diinginkan sebagian orang, ada juga sekelompok orang yang tidak memiliki kapasitas mental atau energi yang cukup untuk melakukannya.

Terkadang, hanya dengan keluar rumah untuk berjalan kaki selama 10 menit akan dapat membantu kita menyegarkan pikiran.

Menulis
Ada kekuatan dari menuangkan apa yang ada di pikiran ke dalam tulisan. Mencatat emosi, pikiran, dan tujuan setiap harinya dapat membantu lebih memahami emosi dan pikiran.

"Menulis dapat menghapus penghalang di kepala kita serta mengizinkan kita untuk menggunakan seluruh kekuatan pikiran kita. Dengan demikian, kita dapat lebih memahami diri sendiri maupun lingkungan sekitar dan mampu membuat diri kita berkembang," kata Vanessa.

"Mendengarkan audio saat berlatih menulis sangat membantu dalam membuatmu merasa nyaman dan lebih memfokuskan pikiranmu," imbuhnya.

Lakukan sesuatu yang disukai
Membaca dapat menjadi cara sempurna untuk melepas penat setelah hari yang sibuk. Tidak hanya membaca, Anda juga bisa mencoba membuat kue atau menyiapkan kopi, atau hal lainnya yang Anda sukai.

Untuk menemani aktivitas-aktivitas tersebut, Vanessa telah menyiapkan playlist yang ia kurasi secara khusus untuk pendengar Spotify di Indonesia yang berjudul “Everything I Need, I Already Have”.

Playlist ini menghadirkan rangkaian musik yang menghangatkan hati dan cakupan suara yang eklektik, yang mampu menenangkan jiwa serta membantu menjaga kesehatan batin dan raga.

Terinspirasi oleh hub Wellness dari Spotify, playlist “Everything I Need, I Already Have” ini kini tersedia di Spotify bagi para pengguna gratis dan premium sejak 27 Oktober.

Baca juga: Lagu "Easy On Me" Adele pecahkan rekor streaming Spotify dalam sehari

Baca juga: Spotify: Podcast jadi konten audio andalan untuk segarkan hari

Baca juga: "K-pop Daebak" Spotify gaet 3,1 juta pengikut termasuk dari Indonesia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021