Saya berharap SIG dapat terus melanjutkan transformasi dan inovasinya
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan kesuksesan kolaborasi strategis Semen Indonesia Group (SIG) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR bisa menjadi contoh bagi perusahaan BUMN lainnya dalam berkontribusi untuk pembangunan negara.

Dalam webinar "Together We Can Go Further", Kamis, Erick menyampaikan momen bagi SIG dan Kementerian PUPR untuk menunjukkan kekuatan kolaborasi dalam mendukung proyek program strategis nasional di segmen infrastruktur, perumahan, dan pengembangan wilayah.

"Kesuksesan kolaborasi strategis SIG dan Kementerian PUPR ke depan akan menjadi contoh bagi perusahaan BUMN yang lain untuk berkontribusi dalam menjawab tantangan dalam pembangunan negara," katanya dalam seminar daring di Jakarta, Kamis.

Menurut Menteri BUMN, sehubungan dengan program transformasi BUMN, Erick ingin mengucapkan selamat kepada Semen Indonesia Group sebagai salah satu BUMN yang mampu merealisasikan semangat kita untuk bertransformasi.

Terutama dalam mendorong pemanfaatan produk dan teknologi konstruksi ramah lingkungan melalui kemitraan, inovasi produk, serta layanan untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing di masa depan. Hal ini sesuai juga dengan tagline SIG Go Beyond Next.

"Pada kesempatan ini saya mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh SIG dengan Kementerian PUPR, melalui pemanfaatan semen non OPC dan juga solusi konstruksi yaitu dengan produk PwrPro, semen hidraulis yang bertipe high early (HE) dan DynaHome yang merupakan teknologi konstruksi dinding monolitik untuk percepatan perumahan di mana setiap unit rumah dapat dibangun hanya dalam waktu satu pekan saja," kata Erick Thohir.

Menteri BUMN juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan SIG.

"Saya berharap SIG dapat terus melanjutkan transformasi dan inovasinya untuk meningkatkan kinerja operasional serta keuangan sehingga dapat memberikan nilai tambah dan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat serta Indonesia tercinta," kata Erick Thohir.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir ungkapkan empat poin utama yang diharapkan dari transformasi BUMN-BUMN yang berjalan saat ini.

Pertama, memastikan bahwa BUMN ini secara korporasi dan apalagi ini perusahaan milik negara bisa memberikan kontribusi yang konsisten dan besar kepada negara. Kedua, dengan adanya pandemi COVID-19 kehidupan masyarakat mengalami perubahan dan digitalisasi pun turut mengalami perubahan. Mau tidak mau BUMN harus memastikan persiapan BUMN bisa berkompetisi di pasar yang sangat terbuka.

Hal ketiga, bagaimana dampak transformasi BUMN kepada masyarakat benar-benar terjadi. Khusus bagi sektor ultra mikro, ingin dipastikan akses pendanaan dimudahkan kepada orang-orang yang terpercaya. Keempat, penting internal BUMN adanya keberlanjutan dari transformasi BUMN yang dijalankan pimpinan sebelumnya dilanjutkan oleh pimpinan berikutnya.

Baca juga: Erick: Kekayaan nikel bermanfaat bagi inovasi kendaraan listrik RI
Baca juga: Wamen BUMN: Bakauheni Harbour City jadi simpul wisata Sumatera
Baca juga: Percepat ekonomi hijau, Erick Thohir terus dorong transformasi PLN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021