Antara penjual dan pembeli dari dalam maupun luar negeri dapat mudah bertemu untuk melakukan aktivitas bisnis
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan platform inaproduct.com yang merupakan portal direktori produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbasis website yang terintegrasi dengan target 800.000 UMKM.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Kemenkop UKM dan Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian BUMN, Smesco Indonesia, PT Sarinah, dan PT Ina Produk Indonesia.

"Tujuan dari portal direktori UKM Indonesia adalah untuk memperluas akses pasar bagi UMKM di mana on-boarding digital menjadi solusi bagi pemasaran produk UMKM dan memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan informasi untuk melakukan transaksi B2C (business to customer) maupun B2B (business to business)," ujar Deputi UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba dalam peluncuran platform tersebut secara hybrid di Jakarta, Kamis.

Dia menerangkan bahwa kerja sama ini diharapkan dapat diperluas melalui integrasi ke dalam laman pengadaan yaitu PaDi (Pasar Digital) UMKM, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), serta menjadi katalog promosi UMKM di luar negeri.

Hal ini ditujukan untuk memberikan dampak luas khususnya dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Founder Inaproduct Budihardjo Iduansjah menyatakan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Kamis ini, merupakan momentum yang tepat untuk meresmikan Inaproduct.

Lebih lanjut, dikatakan Inaproduct melakukan pendataan produk dan merek lokal UKM, pelatihan inkubator, analisa, membuat pasar, dan bersama berbagai startup membuat ekosistem platform tersebut.

Melalui platform ini, Budihardjo mengutarakan bahwa antara penjual dan pembeli dari dalam maupun luar negeri dapat mudah bertemu untuk melakukan aktivitas bisnis.

"Kami targetkan sebanyak 5.550 usaha besar, 4.400 lebih usaha menengah, dan 1.193 usaha kecil akan didata. Kami akan lakukan pendataan di seluruh Indonesia," tukasnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi penandatanganan nota kesepahaman Inaproduct dengan Kemenkop UKM, Kemendag, dan PT Sarinah. Juga, akan diadakan sesi business magic dan diskusi panel dalam rangka memperluas pangsa pasar serta peningkatan pemahaman UMKM atas berbagai isu yang relevan terhadap pengembangan usaha di sektor tersebut.

Baca juga: Bangun ekosistem, Kemenkop UKM cari UKM berkarakteristik konsolidator
Baca juga: Menkop: wirausaha jadi pilihan strategis untuk milenial
Baca juga: Kemenkop sosialisasikan PP No 7/2021 ke pengusaha mikro


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021