Jakarta (ANTARA) - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membagikan tips kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar jangan minder saat memulai usahanya.

"Saya yakin masa depan bangsa ada pada teman-teman muda. Tentukan pilihan untuk jadi pengusaha. Jangan merasa minder dan kecil ketika memulai usaha dan UMKM. Saya adalah salah satu anak bangsa yang pernah berproses menjadi pengusaha lewat UMKM," katanya dalam Festival Usaha Milik Kaum Milenial (UMKM) 2021 secara daring, Kamis.

Bahlil mengatakan pengusaha yang hebat harus bisa bangkit ketika jatuh. Menurut dia, proses jatuh bangun dalam menjalankan usaha adalah proses inti yang harus dijalani.

"Tapi pengusaha yang hebat itu yang dari bawah, naik ke atas, jatuh dan bangun. Jatuh bangun itulah esensi dari proses kita dalam menjalankan usaha," tuturnya.

Mantan Ketua Umum Hipmi itu meyakini, dengan semakin banyak anak muda yang menjadi pengusaha nasional lewat UMKM, maka Indonesia akan semakin berdaulat. Pemerataan ekonomi pun akan semakin kokoh dan semakin berdaya saing.

"Saya pikir, ini momentum yang tepat untuk teman-teman bisa mengambil bagian dalam proses menjalankan dunia usaha," katanya.

Baca juga: Bahlil: Presiden buka pintu investasi seluas-luasnya bagi semua negara

Baca juga: Bahlil sebut realisasi investasi luar Jawa melaju lebih kencang

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021