Bola Basket

Makna Sumpah Pemuda bagi pebasket muda Indonesia

Makna Sumpah Pemuda bagi pebasket muda Indonesia

Pebasket NSH Jakarta Andre Rorimpandey (kanan) menggiring bola dihalangi pebasket Amartha Hangtuah Lucky Abdi Pasondok (kiri) saat pertandingan seri kelima Indonesian Basketball League (IBL) Pertamax 2020 di Gor Jayabaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (29/2/2020). NSH Jakarta menang atas Amartha Hangtuah dengan skor 84-77. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/ama.

Jakarta (ANTARA) - Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021 jatuh pada Kamis, dan bagi beberapa pebasket muda Indonesia, momen ini memiliki arti penting karena merupakan tonggak peran serta pemuda dan pemudi dalam terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sumpah Pemuda adalah sebuah tonggak bersejarah. Pemuda menguatkan tekad dan kesadaran sebagai satu bangsa,” kata pebasket muda NSH Andre Rorimpandey, seperti dikutip dari laman IBL Indonesia.

“Mereka bertekad bersatu tanpa memandang suku, agama atau golongan. Saat ini, Sumpah Pemuda masih relevan dan akan terus relevan untuk mengingatkan kita sebagai satu bangsa yang harus selalu bersatu,” pungkas Pandey.

Bagi guard baru Hangtuah, Tifan Eka Pradita, Hari Sumpah Pemuda memiliki makna sangat penting bagi pemuda-pemuda Indonesia.

"Arti Sumpah Pemuda bagi saya adalah kita sebagai pemuda pemuda Indonesia harus membangkitkan jiwa semangat nasionalisme, jiwa semangat dan tanggung jawab atas apa yang kita kerjakan,” ujar Tifan.

“Sebagai anak muda, harus saling menghargai dan menghormati orang lain. Begitu juga sebagai pemain basket muda, kita harus selalu bekerja keras, tidak malas malasan, tidak banyak mengeluh dan siap bersaing dimana pun dan kapan pun,” tambahnya.

Baca juga: IBL siap manjakan penggemar basket melalui produk NFT 

Dengan menunjukkan semangat pantang menyerah, baik saat latihan maupun pertandingan, kata Tifan, diharapkan bisa memberi inspirasi, terutama bagi para pemuda yang ingin berkarier di dunia bola basket profesional Indonesia.

Sementara itu, pemain Pacific Caesar Indra Muhammad menilai peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini ada beberapa hal. Pertama, yaitu untuk tetap #SALINGJAGA karena saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

Sebagai pemain, Indra ingin membuktikan bahwa pemain muda bisa berprestasi di tengah ketatnya persaingan liga. Apalagi di era baru ini, IBL sudah menggunakan jasa pemain asing. Pemuda Indonesia tidak boleh kalah dengan pemain dari luar negeri. Namun tentu, bersaing yang sehat lewat prestasi dan permainan yang bagus di lapangan.

"Menurut saya, Sumpah Pemuda itu bukan tentang apa yang Indonesia berikan untuk kita para pemuda, tetapi apa yang telah kita berikan untuk negara yang kita cintai ini. Bagi kita pemain basket, semua pemuda punya impian yang sama, yaitu membela negara di turnamen internasional. Ini yang juga menjadi tujuan saya ke depan." tegas Indra.

Indra Muhammad merupakan salah satu pemain basket Indonesia yang bersinar, yang didasarkan pada catatan statistik yang baik selama musim reguler kompetisi bola basket tertinggi di Tanah Air IBL Pertamax 2020, dan dinobatkan sebagai Defensive Player of The Year IBL Pertamax 2020. 

Baca juga: Luhut restui rencana IBL gelar kompetisi di beberapa kota 
Baca juga: Menkes beri catatan untuk penyelenggaraan IBL 2022 


Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menpora apresiasi penerapan prokes IBL 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar