KBRI Tokyo fasilitasi tes calon ASN di Jepang

KBRI Tokyo fasilitasi tes calon ASN di Jepang

Suasana pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Aparatur Sipil Negara(CASN) di KBRI Tokyo yang berlangsung pada 26 Oktober hingga 28 Oktober 2021. (ANTARA/HO-KBRI Tokyo)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Tokyo memfasilitasi penyelenggaraan tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tanggal 26 hingga 28 Oktober.

Menurut keterangan tertulis KBRI Tokyo yang diterima di Jakarta, Kamis, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi mengatakan bahwa persiapan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tersebut digelar guna memfasilitasi para WNI yang hendak menjalani tes itu di Jepang.

“Kegiatan ini dilaksanakan di 75 lokasi kantor perwakilan RI di Luar Negeri melalui kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri,” kata Heri.

Tes disiapkan sesuai dengan ketentuan panitia seleksi nasional. Sebanyak 42 orang peserta yang telah lolos dari tahap pendaftaran mengikuti tes yang digelar di KBRI Tokyo, sementara sebanyak 24 peserta mengikuti tes di KJRI Osaka.

Putaran SKD memasuki tahapan ke-2 dari 4 tahapan usai pendaftaran. Jika dinyatakan lolos tahap 2, para peserta akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang, sesuai dengan bidang yang dipilih.

Salah satu peserta, Delima Canny Valentine Simarmata, berharap dapat melanjutkan usaha ke tahap berikutnya dan mengatakan bahwa “pelayanan KBRI Tokyo sangat ramah dan membantu”.

Menurut keterangan KBRI Tokyo, dari total 75 perwakilan RI di luar negeri, terdapat sejumlah lokasi yang menampung peserta SKD dalam jumlah besar, salah satunya yakni di Tokyo dengan 42 peserta dan Osaka dengan 24 peserta.

Selain itu, titik lainnya yakni di Bangkok dengan 25 peserta, Den Haag dengan 20 peserta, Kuala Lumpur 51 peserta, Seoul 22 peserta, Osaka 24 dan Penang dengan 19 peserta serta Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei dengan 60 peserta.

Baca juga: Dua WNI kembali ke tanah air usai bebas dari jeratan hukum Jepang

Baca juga: KBRI Tokyo fasilitasi "sister school" Indonesia-Jepang


 

KBRI Tokyo belajar pembuatan Shibori sambil promosi Batik 

 

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar