Tentu tidak mudah mewujudkan cita-cita. Jadi kami berproses, kemudian masuk pandemi, sempat berganti format untuk podcast juga
Jakarta (ANTARA) - Indonesia Kaya kembali mengajak para penikmat seni untuk menonton pertunjukan baru dan tak biasa, yaitu sebuah musikal horor bertajuk "IBU" lewat program #NontonTeaterDiRumahAja.

Berdurasi 45 menit, musikal "IBU" mengisahkan tentang Atikah, seorang perempuan yang ditinggalkan sang ibu satu detik setelah melahirkannya. Karena hal tersebut, hubungan Atikah dengan ayahnya, Pieter, menjadi berjarak.

Dia hanya memiliki Bibi yang merawatnya dan Soma, anak Bibi yang mencintai dan dicintainya. Seiring berjalannya waktu, hadirlah Surya, seorang yang menyelamatkan perkebunan Tuan Pieter namun kemudian mengambil alih perkebunan sekaligus ingin memiliki Atikah.

Baca juga: Galeri Indonesia Kaya buat kelas tari jazz virtual

Andrea Miranda berperan sebagai Atikah, Morgan Oey sebagai Surya, Nino Prabowo sebagai Soma, Sita Nursanti sebagai Bibi, dan Chandra Satria sebagai Pieter.

Titien Wattimena yang menjadi produser dan penulis naskah mengatakan, musikal "IBU" merupakan mimpinya bersama tim sejak 2018 dan direncanakan untuk sebuah pertunjukan teater. Adapun ide ceritanya dicetuskan oleh IMP Creative.

"Tentu tidak mudah mewujudkan cita-cita. Jadi kami berproses, kemudian masuk pandemi, sempat berganti format untuk podcast juga. Tapi saat melihat Indonesia Kaya dengan program #NontonTeaterDiRumahAja, kami berpikir untuk bekerja sama dan menghadirkan musikal 'IBU' dengan penggabungan antara teater dan film," kata Titien dalam konferensi pers virtual, Kamis.

Pertunjukan musikal "IBU" juga melibatkan Aditya Purwa Putra sebagai sutradara serta Rusmedia Agus sebagai co-sutradara, Yunus Pasolang, I.C.S sebagai sinematografer, Ricardo Marpaung sebagai penata artistik, Andhy Pulung sebagai video editor, Ammir Gita sebagai penata musik, Ursula S. Gayatri sebagai penata kostum dan Aktris Handradjasa sebagai makeup artist.

Baca juga: Musikal "Bawang Merah & Bawang Putih" padukan kisah rakyat & teknologi

Ammir Gita mengatakan, warna musik dalam musikal "IBU" dibuat cenderung romantis namun memiliki sentuhan gelap dan getir, dengan referensi musik tradisional Jawa Barat.

"Beberapa suara efek dan frekuensi tertentu pun akan digunakan untuk membangun suasana yang gelap, dingin dan membuat perasaan tidak nyaman,” ujarnya.

Program Manager Indonesia Kaya Billy Gamaliel berharap, musikal "IBU" dapat menjadi sajian baru yang menarik dan menghibur sekaligus meramaikan halloween dengan kearifan lokal.

"Selain itu semoga bisa memotivasi seniman lainnya untuk tetap berproses kreatif meskipun di tengah keterbatasan di masa pandemi," pungkas Billy.

Musikal horor "IBU" dapat disaksikan di www.indonesiakaya.com pada 4 November 2021 pukul 19.00 WIB dengan harga tiket Rp99.900 termasuk meet and greet via Zoom, dan 5-6 November 2021 pukul 19.00 WIB atau 20.30 WIB dengan harga tiket Rp66.600.

Baca juga: Indonesia Kaya wajibkan vaksin untuk peserta "Menuju Broadway"

Baca juga: Tiga karakter terpilih bintangi serial musikal "Nurbaya"

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021