Jakarta (ANTARA) - Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2021 memberikan apresiasi kepada 11 anak muda Indonesia seiring dengan peringatan 93 tahun Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Kamis (28/10) ini.

“Pada masa penuh tantangan seperti saat ini, ternyata tidak menyurutkan semangat anak muda di seluruh Indonesia untuk terus berkarya," ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro dalam sambutannya pada acara Awarding 12th SATU Indonesia Awards 2021 secara virtual di Jakarta, Kamis.

Djony mengatakan bahwa semangat para anak bangsa yang telah berkontribusi positif untuk masyarakat sekitarnya sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

"Semoga melalui pelaksanaan SATU Indonesia Awards ke-12, semakin banyak pemuda-pemudi yang dapat menjadi inspirasi untuk semangat melaju bersama dalam memajukan bangsa,” katanya.

Sebanyak 11 Penerima apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 terdiri dari enam penerima apresiasi pada kategori umum dan lima penerima apresiasi pada kategori khusus.

Untuk keenam anak muda dari kategori umum yang turut berkontribusi positif bagi lingkungannya, antara lain Rahmad Maulizar dari Banda Aceh, Aceh untuk bidang Kesehatan). Achmad Irfandi dari Sidoarjo, Jawa Timur untuk bidang Pendidikan, kemudian Arky Gilang Wahab, dari Banyumas, Jawa Tengah untuk bidang Lingkungan.

Lalu Yudi Efrinaldi dari Asahan, Sumatera Utara untuk bidang Kewirausahaan, dan Hendra dari Jember, Jawa Timur untuk bidang Teknologi, serta Siti Salamah dari Tangerang Selatan, Banten untuk kategori Kelompok.

Seperti tahun sebelumnya, Astra kembali menghadirkan kategori khusus Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi COVID-19 yang berhasil menetapkan lima anak bangsa pada kategori ini, antara lain Elmi Sumarni Ismau dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Gede Andika dari Buleleng Bali, Maman Sulaeman dari Pekalongan, Jawa Tengah, Muhammad Zidny Kafa dari Bantul, DI Yogyakarta, dan Vania Febriyantie dari Bandung, Jawa Barat.

Setiap penerima apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 akan mendapat dana bantuan kegiatan sebesar Rp60 juta.

Selain itu, penerima apresiasi mendapatkan pembinaan kegiatan yang dapat dikolaborasikan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra, yakni Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra. Hingga saat ini, Astra telah membina 133 Kampung Berseri Astra dan 930 Desa Sejahtera Astra yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Para penerima apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 tingkat nasional dan provinsi merupakan peserta yang telah lolos dari serangkaian penjurian dan seleksi yang ketat terhadap 13.148 pendaftar tahun ini.

Jumlah tersebut naik 31,01 persen dari tahun sebelumnya dan angka pendaftar ini terus bertambah bila dibandingkan dengan tahun pertama pelaksanaan pada tahun 2010 yang berjumlah 120 pendaftar.

Baca juga: Astra berharap peraih Satu Indonesia Awards terus beri dampak positif
Baca juga: Menag ingatkan masa depan bangsa di tangan para pemuda

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2021