Kecamatan Kembangan Jakbar berstatus zona hijau

Kecamatan Kembangan Jakbar berstatus zona hijau

Camat Kembangan Jakarta Barat Joko Mulyono saat meninjau gerai "Vaksin Merdeka", Rabu (28/7/2021). ANTARA/Walda.

Jakarta (ANTARA) - Kecamatan Kembangan Jakarta Barat ditetapkan berstatus zona hijau pada penyesuaian pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 di DKI Jakarta setelah realisasi vaksinasi mencapai 80 persen, pada Rabu  (27/10).

"Capaian vaksinasi di Kembangan sampai Rabu kemarin, menacapai 81,21 persen," kata Camat Kembangan, Joko Mulyono, saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Menurut Joko Mulyono, dari 243.825 orang warga Kecamatan Kembangan yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19, sebanyak 198.004 warga sudah menerima vaksin tahap pertama.

"Status zona hijau karena capaian vaksinasi COVID-19 berhasil didapat setelah pihak kecamatan gencar melaksanakan vaksinasi massal di setiap kelurahan," katanya.

Baca juga: Pasien COVID di Kecamatan Kembangan tidak bertambah seminggu terakhir

Dari enam kelurahan di kecamatan Kembangan, hanya dua kelurahan yang belum berstatus zona hijau, yakni Kelurahan Kembangan Utara dan Kelurahan Srengseng, katrena capaian vaksinasinya masih di bawah 80 persen.

Joko menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan capaian vaksinasi di dua kelurahan tersebut belum mencapai 80 persen. Salah satunya adalah banyaknya penduduk beralamat resmi di Kecamatan Kembangan tapi tinggal di kecamatan lain.

"Ini yang membuat petugas dari kecamatan kesulitan mendata warga untuk diikutsertakan pada program vaksinasi massal," katanya.

Penyebab lainnya, kata dia, ada sejumlah warga yang enggan divaksin karena memiliki pandangan yang keliru tentang vaksin. "Kami dari kecamatan, masih terus gencar melakukan sosialisasi vaksinasi kepada warga dan membuka sentra vaksinasi," katanya. 

Joko berharap, dalam waktu dekat seluruh kelurahan di wilayah kecamatan Kembangan sudah zona hijau, sehingga kekebalan tubuh warganya pun bisa meningkat.

Baca juga: 74 persen warga Kembangan sudah divaksin dosis pertama
Baca juga: 2.000 warga ikut vaksinasi massal di sekolah kawasan Kembangan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jabar masih di puncak klasemen, DKI salip Jatim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar